Haji 2020 Sukses, Arab Saudi Berencana Izinkan Umrah

gomuslim.co.id - Arab Saudi akan mengevaluasi musim haji luar biasa tahun ini yang diadakan di tengah meningkatnya keamanan dan pembatasan terkait virus korona selama dua minggu ke depan.

Dilansir dari publikasi Alarabiya, Selasa (4/8/2020), Dr. Hussein al-Sharif, Wakil Sekretaris Kementerian Haji dan Umrah untuk Urusan Haji mengatakan akan mengkompilasi pelajaran yang didapat dari prosedur kesehatan dan logistik pengorganisasian haji tahun ini selama pandemi COVID-19. Pihaknya juga akan memulai persiapan untuk musim umrah berikutnya.

 

Baca juga:

Haji Selesai, Konsul KJRI Jeddah Pantau Kebijakan Pembukaan Umrah

 

Pada akhir Februari 2020, Arab Saudi menghentikan masuknya orang-orang yang ingin melakukan ziarah umrah di Makkah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, sebagai bagian dari langkah-langkah untuk menahan penyebaran COVID-19.

Pada tanggal 4 Maret 2020, Kerajaan juga menangguhkan umrah bagi warga Saudi. Umrah adalah ibadah yang dilaksanakan di tanah suci Makkah. Namun, tidak seperti haji, itu (umrah) tidak wajib, dapat diselesaikan dalam beberapa jam, dan dapat dilakukan sepanjang tahun.

Presiden Jenderal Dua Masjid Suci Sheikh Abdulrahman bin Abdulaziz al-Sudais mengumumkan pada hari Ahad (2/8/2020) keberhasilan musim haji tahun ini. Pihak berwenang berencana untuk melindungi para peziarah dan memastikan kepatuhan terhadap tindakan pencegahan kesehatan ketat yang diperlukan.

 

Baca juga:

Jemaah Haji Mulai Tinggalkan Makkah, Lanjut Karantina 14 Hari di Rumah

 

Kementerian Kesehatan Kerajaan mengumumkan bahwa tidak ada jemaah yang dites positif mengidap virus corona. Pasukan keamanan membenarkan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat memasuki situs-situs suci di Makkah dan Madinah tanpa izin resmi selama periode haji 2020.

Otoritas Arab Saudi hanya mengizinkan 10.000 penduduk Kerajaan dari berbagai negara untuk melakukan haji tahun ini karena pandemi COVID-19. (Mr/Alarabiya)


Back to Top