Pertama Kali dalam Sejarah, Saudi Tunjuk 3 Atase Budaya Wanita

gomuslim.co.id - Menteri Pendidikan Dr. Hamad Al-Sheikh telah menunjuk atase budaya di beberapa negara, termasuk tiga wanita.

Dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Senin (3/8/2020), atase budaya yang ditunjuk di Teluk, Arab dan negara-negara sahabat di antaranya Dr. Amal Fatani (Inggris), Dr. Fahdah Al-Sheikh (Irlandia), Dr. Ahmed Al-Fareih (Mesir), Dr. Issa Al- Romaih (Yordania), Dr. Saad Al-Shabana (Kuwait) dan Dr. Yousra Al-Jazairi (atase budaya akting di Maroko).

Untuk pertama kalinya, wanita ditunjuk untuk memegang posisi penting dan vital ini yang berperan penting dalam membangun hubungan, mengoordinasikan upaya, dan memperkuat kemitraan budaya dan peradaban di antara negara-negara.

 

Baca juga:

Ini Muslimah AS Pertama yang Kenakan Hijab di Turnamen Nasional

 

Keputusan menteri bertujuan untuk meningkatkan kehadiran pendidikan dan budaya Kerajaan di tingkat internasional, mengaktifkan bidang kerja sama bersama, bertukar pengalaman ilmiah dan penelitian, dan mengoordinasikan beasiswa bagi siswa untuk belajar di Kerajaan. 

Selain itu, ini juga dimaksudkan untuk mengawasi siswa beasiswa di luar negeri dan memfasilitasi perjalanan pendidikan mereka dan menginvestasikan kemampuan mereka untuk melayani negara dan berpartisipasi dalam pengembangan di masa depan.

 

Baca juga:

Rakhia Ismail, Walikota Muslimah Berhijab Pertama di Inggris

 

Mengangkat wanita Saudi untuk bekerja sebagai atase budaya adalah inisiatif utama untuk lebih meningkatkan pemberdayaan perempuan.

Langkah ini mencerminkan ketajaman kepemimpinan Saudi yang memungkinkan wanita Saudi bisa melayani negara di semua bidang. Ini sekaligus memperkuat kepercayaan akan pentingnya peran wanita yang terhormat untuk mengambil bagian dalam proses pembangunan negara. (Mr/saudigazette)


Back to Top