Pertama di Dunia, Polisi UEA Sukses Uji Coba Gunakan Anjing untuk Endus Kasus COVID-19

gomuslim.co.id - Uni Emirat Arab (UEA) telah berhasil melatih anjing polisi untuk mendeteksi COVID-19 pada penumpang yang tiba di bandara. Hal itu membuat UEA menjadi yang pertama di dunia yang berhasil melakukannya.

Dilansir dari publikasi Alarabiya, Sabtu (1/8/2020), anjing-anjing polisi dilatih dan ditempatkan di bandar udara sebagai garis pertahanan tambahan untuk mendeteksi COVID-19.

 

Baca juga:

Baru Sepekan, Misi UEA ke Planet Mars Sudah Tempuh Jarak 2,47 Juta KM

 

Sementara negara-negara lain, seperti Lebanon, telah mulai melatih anjing untuk mengendus virus, UEA adalah satu-satunya yang menerapkannya sejauh ini.

Anjing-anjing telah dilatih untuk mendeteksi virus melalui keringat seseorang dan tidak harus melakukan kontak langsung dengan individu. Dalam hitungan detik orang yang terinfeksi melewati anjing, hewan itu akan dapat menentukan apakah individu itu membawa virus corona.

"Eksperimen UEA dan protokolnya unik dalam menghindari kontak langsung antara anjing dan orang yang diperiksa sesuai dengan standar tertinggi tindakan pencegahan kesehatan," kata sebuah pernyataan

 

Baca juga:

Manjakan Pelancong, Etihad Airways Luncurkan Layanan Tes COVID-19 di Rumah

 

"Ini dianggap sebagai jalur tambahan yang (akan) meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpang di bandara dengan pengembalian bertahap dan pembukaan lebih banyak bandara internasional dan meningkatnya jumlah penerbangan," tambah pernyataan itu.

Bandara di seluruh UEA mulai menyambut kembali penduduk di luar negeri dan wisatawan dari seluruh dunia awal bulan ini sambil tetap menegakkan tindakan pencegahan dan protokoler kesehatan. (Mr/Alarabiya)


Back to Top