Bulan Sabit Merah Turki Distribusikan Daging Kurban ke 17 Negara

gomuslim.co.id – Badan Kemanusiaan Bulan Sabit Merah Turki akan mendistribuskan daging hewan kurban kepada sekitar 4 juta orang kurang mampu dari 17 negara yang merayakan Idul Adha 1441 Hijriah.

"Sebagai bagian dari kampanye Idul Adha tahun 2020 kami, kami akan membawa daging yang kami dapatkan dari sumbangan warga kami kepada lebih dari 4 juta orang," ujar Ketua Bulan Sabit Merah Turki, Kerem Kinik kepada Anadolu Agency, dilansir dari publikasi Yeni Safak, Jumat (31/7/2020).

Ia mengatakan, sebagai bagian dari perayaan liburan, badan amal akan mengorbankan hewan di 17 negara, termasuk Turki. Selain itu, merujuk kegiatan yayasan untuk Idul Adha, mereka juga berencana mendistribusikan 150.000 daging di Turki dan di luar negeri tahun ini.

Kegiatan bantuan Idul Adha tahun ini, kata dia, akan dilakukan dari Afrika ke Asia dan Balkan, termasuk Sudan Selatan, Tanzania, Somalia, Sudan, Afghanistan, Bangladesh, Indonesia, Pakistan, Bosnia dan Herzegovina, Montenegro, Makedonia Utara, Palestina, Irak , Republik Turki Siprus Utara, Suriah dan Yaman.

"Bulan Sabit Merah Turki membawa kebaikan yang melintasi perbatasan," singkatnya.

 

Baca juga:

Masjid Hagia Sophia Gelar Salat Idul Adha

 

Selain itu, ada kelompok kemanusiaan akan menyembelih hewan kurban di semua 81 provinsi Turki. Selanjutnya, Bulan Sabit Merah Turki akan mengirimkan kaleng daging panggang yang sebelumnya telah disiapkan dengan bekerja sama dengan Dewan Daging dan Susu Turki untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan di Turki sepanjang tahun.

“Meskipun kami berencana untuk mendistribusikan lebih banyak bantuan di Turki tahun ini, kami akan membawa kelimpahan kepada saudara-saudara kami yang membutuhkan bantuan kami di seluruh dunia,” paparnya.

Klinik juga mengungkapnya, meski ditengah wabah pandemi COVID-19, pihaknya tetap akan melakukan pendistribusian daging tersebut. "Meskipun wabah COVID-19 tidak mempengaruhi aktivitas Idul Fitri kami di negara kami (Turki), itu menyebabkan penurunan jumlah negara yang akan kami jangkau," kata Kinik

Untuk mengurangi biaya operasional, Kinik mengatakan, mereka merencanakan penyembelihan hewan di negara-negara di mana Bulan Sabit Merah Turki memiliki tim permanen.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa situasi ini telah menyebabkan amal untuk mengurangi jumlah penyembelihan hewan Idul Adha yang direncanakan akan dilakukan di luar negeri.

Sementara tahun lalu, Bulan Sabit Merah Turki telah mengorbankan hewan di lebih dari 50 negara, tahun ini jumlahnya turun menjadi 16 negara, selain Turki.

Karena coronavirus novel, ia menilai, kebanyakan orang cenderung menyumbangkan bagian mereka hari ini daripada membantai hewan sendiri karena keterbatasan tertentu pada pengumpulan massal dan pemotongan hewan massal pada hari libur.

"Bangsa kita telah menunjukkan bahwa itu selalu membantu, bahkan dalam masa-masa sulit dan ujian, dan terus melakukannya. Contoh solidaritas yang bagus juga ditunjukkan selama periode pandemi," paparnya.

Ia pun mengatakan bahwa bangsa Turki selalu mengulurkan tangan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. "Kita dapat menunjukkan Bulan Sabit Merah Turki sebagai contoh yang dilembagakan dari rasa kebajikan dan belas kasih bangsa kita,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tahun ini, Bulan Sabit Merah Turki telah menerima hampir 50% lebih banyak sumbangan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, dan mengirimkan bantuan kepada lebih banyak orang.

Diketahui, selama kebijakan lockdown pandemi COVID-19, Turki telah mengirimkan bantuan medis dan peralatan ke hampir 140 negara di seluruh dunia. (mga/YeniSafak)

 

Baca juga:

Turki Surati Tokoh Muslim Dunia soal Hagia Sophia


Back to Top