Masjid Hagia Sophia Gelar Salat Idul Adha

gomuslim.co.id - Jutaan warga di Turki pada hari Jumat (31/7/2020) melakukan doa khusus pada hari pertama perayaan Idul Adha di tengah langkah-langkah perlindungan karena pandemi virus corona.

Dilansir dari publikasi Yeni Yasak, Jumat (31/7/2020), di kota bersejarah Istanbul, Masjid Agung Hagia Sophia, yang pekan lalu dibuka kembali untuk ibadah setelah jeda 86 tahun, menggelar salat Idul adha pertama kalinya.

 

Baca juga:

Turki Surati Tokoh Muslim Dunia soal Hagia Sophia

 

Ribuan orang bergabung dalam doa yang dipimpin oleh Ali Erbas, kepala Direktorat Urusan Agama Turki di bangunan bersejarah itu.

Pejabat setempat membagikan karpet doa, disinfektan, masker, dan air sekali pakai gratis kepada orang-orang yang akan melakukan salat.

Layar raksasa membantu jemaah di baris belakang merasa lebih terhubung dengan cara tersebut.

Para pejabat di distrik kota Fatih membagikan medali peringatan berlapis perak untuk umat Muslim bagi mereka yang datang ke Masjid Agung Hagia Sophia.

Di ibu kota Turki, Ankara, doa dilakukan sesuai dengan protokoler kesehatan dan kebersihan.

Disinfektan ditempatkan di pintu masuk masjid, dan mereka yang datang ke masjid mengenakan masker dan membawa sajadah.

 

Baca juga:

Telpon Erdogan, Presiden Palestina Ucapkan Selamat Atas Perubahan Hagia Sophia Jadi Masjid

 

Dalam sebuah telepon, Presiden Recep Tayyip Erdogan bertukar salam dengan tentara yang ditempatkan di provinsi tenggara Sirnak.

Sebagian besar negara-negara Muslim di seluruh dunia, termasuk Turki, akan merayakan liburan empat hari yang dimulai pada hari Jumat.

Liburan memperingati keikhlasan Nabi Ibrahim, atau Abraham, untuk mengorbankan putranya atas perintah Tuhan, sebelum diganti ganti domba jantan.

Muslim mengorbankan hewan untuk memperingati ini dan berbagi daging dengan orang miskin dan kerabat mereka. (Mr/yenisafak)


Back to Top