648 Masjid Sleman Siap Gelar Salat Idul Adha

gomuslim.co.id – Sebanyak 648 rumah ibadah di Sleman mendapatkan izin Pemerintah setempat untuk menggelar salat Idul Adha 1441 Hijriyah. Pelaksanaan salat di wajibkan memiliki surat rekomendasi aman COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Sleman, Shavitri Nurmala Dewi mengaku ketentuan tersebut berlaku di semua rumah ibadah muslim di Kabupaten Sleman, DIY, baik masjid maupun mushola.

“Dari 648 rumah ibadah yang kantongi rekomendasi terdiri dari 629 masjid dan 19 mushola yang tersebar di 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman. Selain surat rekomendasi aman COVID-19, kami tidak memberikan persyaratan lain. Cukup ini saja,” terang Shavitri, dalam keterangannya, Kamis (30/7/2020).

 

Baca juga:

MUI: Salat Idul Adha Wajib Terapkan Fatwa No.36 Tahun 2020

 

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Sa’ban Nuroni mengungkapkan, rumah ibadah yang telah mengantongi surat rekomendasi aman COVID-19 wajib menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Dalam surat rekomendasi turut dijelaskan bahwa baik oleh pengurus maupun jamaah yang datang ke masjid wajib menaatinya. Seperti pengaturan jarak, kewajiban bermasker, penyediaan sarana cuci tangan dan lain sebagainya.

“Tidak ada protokol khusus untuk Sholat Idul Adha. Masih memakai SE Menag No. 15/2020 dan SE Bupati tentang Rumah Ibadah Aman COVID-19,” kata Sa’ban.

Dirinya mengimbau bagi warga yang sakit agar sebaiknya tetap di berada di rumah. Hal tersebut sebagai langkah antisipasi potensi penularan COVID-19. “Yang kurang sehat bisa di rumah,” pungkasnya. (hmz/okezone)

 

Baca juga:

Kurban saat Pandemi COVID-19, Ini Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan


Back to Top