Hari Pertama Haji, Tidak Ada Laporan Kasus Corona di Tanah Suci

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi melaporkan 2.945 pemulihan baru virus corona, Rabu (29/7/2020). Dengan demikian total pemulihan di Kerajaan menjadi 228.569.

Dalam briefing harian tentang wabah itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan 1.759 kasus infeksi baru, yang menambah jumlah menjadi 272.590 kasus. Kemudian angka kematian baru COVID-19 terkonfirmasi 27 jiwa. Korban meninggal sekarang mencapai 2.816.

Namun demikian, tidak ada infeksi yang dilaporkan di tempat-tempat suci saat ibadah haji berlangsung.

Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan tim kesehatan akan terus-menerus memastikan keselamatan jemaah haji saat ibadah di tengah pandemi. Enam rumah sakit dan 51 klinik siap melayani para peziarah di tempat-tempat suci.

Otoritas menggarisbawahi praktik menjaga jarak sosial selama ibadah haji, dan menutup mulut sebagai cara paling penting untuk pencegahan dari coronavirus.

Ketika haji sedang berlangsung, jemaah haji berjalan ke Masjidil Haram untuk memulai ritual dengan "tawaf" pertama mereka dengan mengelilingi Kakbah suci.

 

Baca juga:

Ibadah Haji 2020 Resmi Dimulai, Hanya 10 Ribu Jemaah yang Ikut Serta

 

Jemaah dibawa dalam kelompok-kelompok kecil, berjalan di sepanjang jalan yang ditandai di lantai. Ini sangat berbeda dengan lautan manusia normal yang berputar-putar di sekitar Kakbah selama haji sebelumnya.

“Tawaf, berjalan mengelilingi Kakbah tujuh kali, selesai dalam "catatan waktu",” kata seorang komandan keamanan kepada media pemerintah.

Para jemaah melakukan perjalanan pada Rabu malam ke Mina dan bermalam di sana. Jemaah duduk di sebuah lembah sempit yang dikelilingi oleh pegunungan berbatu. Tempat ini ditransformasikan setiap tahun menjadi sebuah perkemahan luas bagi para peziarah.

Para penyembah pada hari Kamis (30/7) akan mendaki Gunung Arafah, tempat yang juga dikenal sebagai "Gunung Kasih Sayang". Mereka akan berdoa dan membaca Alquran selama berjam-jam. (jms/Asharq Alawsat/SalaamGateway)

 

Baca juga:

13 WNI Terdaftar sebagai Jemaah Haji 1441H


Back to Top