Idul Adha Istimewa, Masjid Raya JIC Terima Daging Kurban Kemasan dan Olahan

gomuslim.co.id - Di tengah wabah pandemi COVID-19, Masjid Jakarta Islamic Centre (JIC) tetap menyelenggarakan kurban di tengah wabah virus corona (COVID-19). Namun, pelaksanaan kurban tahun ini berbeda karna bukan penyembelihan, tapi JIC menerima dalam bentuk yang sudah dikemas dan diolah. Hal ini dikarenakan mencegah penularan virus tersebut.

“Kami mengajak seluruh kaum muslimin untuk menyalurkan kurbannya ke Masjid Raya JIC. Insya Allah kurban istimewa kita akan berbalas pahala istimewa di sisi Allah Subhanahu wa Ta'ala,” ujar Ketua Panitia Idul Adha dan Kurban 1441 H Masjid Raya JIC, KH Aep Saefullah Fudhali dalam keterangan resminya, Rabu (29/7/2020).

Selain itu ia menjelaskan jika kurban kali ini juga bekerjasama dengan Rumah Zakat agar lebih teroganisir dalam pembagian daging kurban kepada masyarakat, atau fakir miskin yang membutuhkan.

“Pertama, di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini yang masih sangat tinggi, panitia tidak melaksanakan pemotongan hewan kurban di Masjid Raya JIC sebagaimana biasanya, demi meminimalisir berkumpulnya banyak orang ketika pemotongan dan pembagian hewan kurban,” paparnya.

 

Baca juga:

10 Ribu Jamaah Diperkirakan Ikut Salat Idul Adha di Masjid Raya JIC

 

Kedua, Masjid Raya JIC akan menerima hewan kurban dalam bentuk kemasan kaleng berisi kornet dan rendang. Nantinya akan dibagikan langsung kepada fakir miskin dan kaum dhuafa dari kalangan jamaah dan komunitas JIC. Poin ini, kata Aep, sangat penting bagi program ketahanan pangan bangsa karena daging kurban tersebut bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Ketiga adalah nilai ukhuwah, serta Masjid Raya JIC berharap dapat bekerjasama dan bergandeng tangan dengan seluruh komponen milik umat Islam sehingga visi JIC sebagai pusat peradaban dapat makin terwujud.

Lebih lanjut, kaum muslimin senantiasa didorong untuk melaksanakan sebuah ibadah yang luar biasa yakni berkurban, serta dalam rangka menjadikan Masjid Raya JIC sebagai salah satu pusat dan simpul kebaikan di Jakarta.

“Masjid Raya Jakarta Islamic Centre tetap menggelar Salat Idul Adha dan menyelenggarakan kurban. Namun bukan sekadar kurban biasa, tetapi kurban istimewa yakni super kurban bekerja sama dengan Rumah Zakat. Kurban super dari para pekurban di bulan mulia dalam kondisi istimewa pandemi wabah COVID-19,” pungkasnya. (mga/MuslimOkezone)

 

Baca juga:

JIC Sarankan Pemerintah Ambil Alih Penyelenggaraan Kurban Saat Pandemi


Back to Top