Idul Adha 1441H, Pemkot Malang Imbau Warga Tidak Gelar Takbir Keliling

gomuslim.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur mengimbau warganya untuk tidak melakukan takbir keliling menyambut Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Malang, Nur Widianto mengatakan, imbauan tersebut dikeluarkan berdasarkan pertimbangan kondisi saat ini, di mana pandemi COVID-19 di Indonesia khususnya Kota Malang masih belum berakhir.

"Untuk takbir keliling tidak diperkenankan, ini bersifat imbauan untuk warga Kota Malang. Imbauan itu untuk meminimalisasi kerumunan massa," ujar Widianto, Selasa (21/7/2020).

Widianto menjelaskan, hingga saat ini Pemkot Malang belum melakukan pertemuan dengan para takmir masjid yang ada di wilayah Kota Malang. Namun, Pemkot Malang telah memiliki beberapa rumusan terkait kegiatan takbir keliling tersebut.

 

Baca juga:

Berkah Pandemi, Penjualan Hewan Kurban di Bekasi Meningkat

 

Menurut Widianto, beberapa rumusan tersebut diantaranya adalah warga Kota Malang diharapkan bisa melakukan takbir keliling di masjid, mushala, atau di rumah. Kebijakan tersebut bertujuan mengurangi kerumunan warga mengingat penambahan kasus COVID-19 masih cukup tinggi.

"Kami masih belum mengundang secara khusus para takmir masjid di Kota Malang, namun kami sudah membuat rumusan internal dengan mempertimbangkan situasi saat ini," ungkap Widianto.

Ia menambahkan, untuk kegiatan ibadah atau Salat Idul Adha, memang sudah dapat dilakukan. Namun, salat berjamaah tersebut harus tetap mengedepankan kapasitas tempat, menjaga jarak, dan menggunakan masker. "Untuk ibadah, mengacu pada peraturan wali kota, sudah dapat dilakukan, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat," tegasnya.

Diketahui, tercatat total kasus positif COVID-19 di Kota Malang mencapai 423 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 33 orang dilaporkan meninggal, 120 orang dinyatakan sembuh, dan sisanya masih berada dalam perawatan. (mga/Antara)

 

Baca juga:

Pemkab Purwakarta Larang Pedagang Hewan Kurban Jualan di Trotoar


Back to Top