Masjid Istiqlal Hanya Potong Hewan Kurban Milik Presiden dan Wapres

gomuslim.co.id - Masjid Istiqlal tidak akan menggelar salat Idul Adha 1441H. Keputusan ini diambil setelah mencermati perkembangan pandemi COVID-19 di Indonesia, khususnya wilayah DKI Jakarta. Namun Masjid Istiqlal tetap mengadakan pemotongan hewan kurban.

Rencananya, hewan kurban milik Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin akan disembelih di Masjid Istiqlal, pada lebaran Idul Adha 2020. Hal ini dikatakan Nur Khayin Muhdlor, Kasubbag Hukum dan Kerjasama, penanggungjawab Humas Istiqlal.

 

Baca juga:

Karena COVID-19, Masjid Istiqlal Tidak Gelar Salat Idul Adha 1441H

 

"Kemungkinan yang dipotong di Istiqlal hanya kurban RI satu dan RI dua," kata Khayin, Rabu (15/7/2020).

Meski begitu, hewan kurban milik Joko Widodo dan Maruf Amin belum berada di area Masjid Istiqlal.

Kata Khayin, hal tersebut belum dapat dipastikan lantaran belum ada informasi dari pihak Istana Negara. "Biasanya mendekati hari H, saat ini belum ada konfirmasi dari sana," jelas Khayin.

Sementara, hewan kurban lainnya yang diterima Masjid Istiqlal akan didistribusikan kepada 1.000 pemohon masjid atau musala di Jakarta.

Khayin mengatakan, hal ini dilakukan karena ingin menyesuaikan situasi pandemi COVID-19 yang kini masih melanda DKI Jakarta.

"Baru sekira 1000 (pemohon) dari masjid atau musala. Kami akan mendistribusikan hewan hidup ke masjid atau lembaga. Terutama dampak pandemi," jelas dia.

Menurut Khayin, jumlah pemohon ini bisa dinilai belum banyak. "Karena kita tidak publis secara luas, pemohon belum banyak. Biasanya kami membagi prioritas pemohon," jelas Khayin.

 

Baca juga:

Ini Sapi Kurban Presiden Jokowi Seharga Rp 87 juta

 

Dia menyebut, pihak Masjid Istiqlal tetap melaksanakan lebaran Idul Adha dan penerimaan hewan kurban. "Pelaksanaan kurban tetap dilaksanakan, namun tidak dipotong di Istiqlal. Yang jelas kami akan mendistribusikan hewan hidup ke masjid atau lembaga," tutup Khayin. (Mr/tribun)


Back to Top