Pasca Lima Bulan Tutup, Masjid Biru Afganistan Kembali Buka untuk Umum

gomuslim.co.id – Pasca pelonggaran kebijakan lockdown, Masjid Biru di Mazar-i Sharif, Provinsi Balkh, Afganistan kembali dibuka untuk umum. Masjid ini telah ditutup selama kurang lebih lima bulan karena pandemi COVID-19.

Dilansir dari publikasi Iqna, Rabu (15/7/2020), Masjid Biru di Mazar-i Sharif, Provinsi Balkh di Utara Afganistan tersebut merupakan salah satu pemandangan paling penting di Afganistan. Beberapa penduduk setempat percaya bahwa tubuh Imam Ali (AS) dibawa ke masjid ini dengan unta putih dan dikuburkan di dalamnya agar aman dari pelecehan para musuh.

 

Baca juga:

Masjid Sheikh Zayed UEA Hadirkan Layanan Tur dalam Bahasa Isyarat

 

Arsitektur unik masjid ini pun terkenal di Afganistan, dan keterampilan kramik unik serta lukisan-lukisan beranda adalah di antara keindahan khusus Masjid Biru Mazar-i-Sharif.

Halaman masjid ini memiliki empat pintu di keempat sisinya dan di depan satu sama lain, masing-masing membuka ke jalan. Di dalam raudhah, dengan serambinya, ada lukisan indah yang dibuat atas perintah Mohammad Zahir Shah, dan di depan pintu masuk, ada beranda besar dengan atap tertutup, yang dibangun untuk masjid dan salat berjamaah diadakan di sana. (mga/Iqna)

 

Baca juga:

Jelang Idul Adha, Saudi Perbaiki Jalur Pejalan Kaki Hingga Kerahkan Dokter Hewan


Back to Top