Muslim Irlandia Rayakan Idul Adha 2020 di Stadion Croke Park

gomuslim.co.id – Dua minggu lagi, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari besar Idul Adha 1441H. Perayaan hari besar kedua Islam ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena masih dalam masa pandemi COVID-19.

Di Irlandia, stadion Croke Park, Dublin disiapkan menjadi tuan rumah perayaan Idul Adha tahun 2020. Ini dilakukan dalam rangka menyambut Muslim Irlandia pada masa sulit pandemi COVID-19.

Pada saat wabah pandemi coronavirus, pemilihan tempat itu memungkinkan tindakan pencegahan jarak dan keamanan sosial. Festival Kurban akan berlangsung di rumput, dengan langkah-langkah untuk memastikan jarak sosial.

"Tidak ada tempat lain yang bisa menampung 500 Muslim. Sementara jarak sosial masih diterapkan," ujar pimpinan Irish Muslim Peace & Integration Council, Shekh Dr Umar Al-Qadri seperti dilansir The Herald, Rabu (15/7/2020).

Menurut Dr Al-Qadri, Croke Park adalah tempat yang mewakili Irlandia dalam kondisi terbaiknya. Dia menegaskan Croke Park sangat "simbolis" bagi komunitas Muslim Irlandia.

 

Baca juga:

Universitas Top di Irlandia Segera Buka Pusat Studi Timur Tengah Al Maktoum

 

"Banyak orang yang tinggal di Irlandia yang merupakan anggota dari agama Islam menyebut Irlandia sebagai rumah. Muslim Irlandia telah berkontribusi secara signifikan di banyak sektor di negara kita, terutama sektor kesehatan," kata dia.

Dia menambahkan bahwa Croke Park adalah ikon Irlandia. "Pilihan Croke Park sebagai tempat perayaan` Idul Adha akan menjadi simbol bagi Muslim Irlandia dalam identitas ganda mereka sebagai Irlandia dan Muslim, dan pentingnya Croke Park dan GAA [Gaelic Athletic Association] miliki dalam Sejarah Irlandia,” jelas dia.

Idul Adha, atau Pesta Kurban diperkirakan akan dimulai pada hari Jumat, 31 Juli 2020 mendatang. Konfirmasi terakhir tergantung pada pengumuman pemerintah Saudi pada awal Zulhijjah.

Idul Adha merupakan salah satu dari dua perayaan Islam yang paling penting, bersama dengan` Idul Fitri.

Setelah salat khusus untuk memperingati hari itu, umat Islam mempersembahkan unhiyah, sebuah ritual yang mengingatkan pengorbanan besar Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail yang rela berbuat apa pun demi menjalankan perintah Allah SWT. Idul Adha juga menandai berakhirnya ibadah haji.

Menurut laporan Pusat Penelitian Pew 2016, diperkirakan populasi Muslim Irlandia mencapai 70.000 orang. (jms/theherald/aboutislam)

 

Baca juga:

Warga Muslim di Inggris Ini Bagikan Makanan Gratis ‘Islamic Food Bank’ untuk Warga Dhuafa


Back to Top