Kasus COVID-19 Meningkat, Ulama Aceh Ajak Umat Perbanyak Ibadah

gomuslim.co.id - Kasus penularan virus corona di Aceh terus meningkat dalam sebulan terakhir. Per Selasa (14/7/2020) sore, jumlah pasien positif mencapai 110 orang.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Teungku H Faisal Ali menganjurkan warga Serambi Mekkah memperbanyak ibadah agar terhindar dari bala.

“Kalau kita di Aceh (mencegah penyakit dengan) doa tolak bala, menganjurkan orang untuk memperbanyak sedekah, dan memperbanyak ibadah," ujar, Teungku H Faisal Ali, Selasa (14/7/2020).

 

Baca juga:

Ajak Pengunjung Patuhi Syariat Islam, Ribuan Santri Aceh Gelar Zikir di Pantai

 

Menurut ulama yang lebih dikenal Lem Faisal ini, selain dengan ibadah, masyarakat tentu juga harus mematuhi protokol kesehatan yang tetap ditetapkan oleh pemerintah. Ia menyarankan agar umat muslim tetap dalam keadaan selalu berwudhu.

Sementara untuk imam salat fardhu lima waktu agar membacakan qunut nazilah dan doa tolak bala setelah salat. "Kita di Aceh, itu yang lebih nyaman masyarakat dalam rangka menolak bala dengan doa," ujar Lem Faisal.

 

Baca juga:

Baitul Mal Aceh Beri Beasiswa 74 Anak Mualaf

 

Lem Faisal menuturkan, MPU Aceh belum berencana mengubah tata cara pelaksanaan ibadah--termasuk salat berjemaah--meski kasus Corona meningkat di Aceh. Pengubahan itu, menurutnya, akan mengikuti ketentuan zona COVID-19 yang dikeluarkan pemerintah.

"Peningkatan zona warnanya merah dan hitam, dan bagaimana situasi yang ditentukan pemerintah. Selama zona masih kuning dan hijau, kami hanya menganjurkan menerapkan protokol kesehatan dan pelaksanaan ibadah seperti biasa," tuturnya. (Mr/Acehkini)


Back to Top