Ini Permintaan OKI terkait Muslim Rohingya di Myanmar

gomuslim.co.id – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Yousef Al-Othaimeen meminta Pemerintah Myanmar untuk mematuhi resolusi Mahkamah Internasional (ICJ) dan Dewan Hak Asasi Manusia PBB (HRC) dan menghentikan pelanggaran terhadap minoritas Muslim Rohingya.

Dilansir dari publikasi Arab News, Ahad (12/7/2020), Al-Othaimeen mendesak masyarakat internasional untuk memberikan dukungan lebih lanjut dalam upaya hukum mencari keadilan bagi Rohingya. Dia juga meminta mengintensifkan upaya untuk memastikan hak-hak Rohingya, keamanan dan keselamatan, dan penghentian segera semua bentuk kekerasan.

 

Baca juga:

OKI Sambut Baik Resolusi PBB untuk Muslim Rohingya

 

Diketahui, sejak Agustus 2017, tentara Myanmar dan milisi Buddha melakukan serangan brutal dan menyerang terhadap Rohingya di kawasan Rakhine.

Menurut sumber lokal dan internasional, kejahatan lanjutan ini telah menewaskan ribuan orang Rohingya, serta menelantarkan dan mengusir sekitar satu juta orang ke Bangladesh.

Pemerintah Myanmar menganggap Rohingya sebagai imigran sipil yang datang dari Bangladesh, sementara PBB menganggap mereka sebagai minoritas di bawah penindasan paling parah di dunia. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

SUAKA Desak Pemerintah Indonesia Selamatkan Pengungsi Rohingya di Aceh


Back to Top