Bantu Korban Kebakaran Somaliland, KSRelief Kirim 45 Ton Makanan

gomuslim.co.id – Pusat Bantuan dan Kemanusiaan King Salman (KSRelief) mengirimkan 45 ton bantuan makanan untuk para korban kebakaran yang menimpa pengusi di Hargeisa, Somaliland. Pendistribusian bantuan bekerja sama dengan Badan Pengungsian dan Pengungsi Nasional (NDRA) Somaliland

KSRelief juga memberikan tempat tinggal kepada para pengungsi yang terkena dampak kebakaran. Diketahui, kebakaran terjadi di kamp pengungsi internal di Hargeisa, Somaliland. Bantuan tersebut pun dikirim untuk membantu 2.280 orang.

Asisten Direktur Cabang KSRelief di Afrika, Youssef Al-Rahma mengatakan bahwa bantuan ini datang sebagai tanggapan atas panggilan darurat NDRA setelah kebakaran terjadi di kamp. Untuk merespons dengan cepat, bantuan makanan dan tempat tinggal telah diberikan kepada orang-orang yang terkena dampak.

"Bantuan terdiri dari 380 keranjang makanan untuk keluarga yang terkena dampak. Selain itu bantuan juga dalam bentuk kasur, selimut, tikar, terpal plastik, dan peralatan dapur,” ujar Al-Rahma seperti dilansir dari publikasi Arab News, Ahad (12/7/2020).

Ia mengungkapkan bahwa memberikan bantuan ini bertujuan untuk meringankan penderitaan para pengungsi dalam situasi sulit yang sedang dialami dunia akibat pandemi coronavirus (COVID-19).

 

Baca juga:

KSRelief Distribusikan Hadiah Idul Fitri untuk Anak Yatim Yaman

 

Sementara itu, Kepala NDRA di Somaliland, Abdulkarim Ahmed Mohammed  mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman untuk tanggapan cepatnya. Ia pun menyoroti bahwa KSRelief adalah satu-satunya organisasi internasional yang merespons dengan cepat terhadap bencana kebakaran.

"Kegembiraan sekali lagi kembali ke bibir penghuni kamp setelah mereka diliputi oleh api di kamp yang melindungi mereka - api yang menghancurkan semua harta benda mereka," ungkapnya.

Sedangkan diketahui, KSRelief juga bekerja sama dengan Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) meresmikan unit pompa air tenaga surya di proyek air Quda di Mesir Hulu, Shabwah Governorate.

Direktur Jenderal Otoritas Umum untuk Proyek Pasokan Air Pedesaan di Shabwah, Nasser Baoum pun memuji peran KSRelief dalam mendukung proyek air pedesaan di Shabwah dan menyediakannya dengan sistem pompa energi surya, yang mengurangi beban keuangan pada warga dan memastikan kelanjutan memberikan layanan yang lebih baik kepada warga.

Ia pun meminta para penerima manfaat untuk memperhatikan sistem energi surya proyek dan memeliharanya sehingga dapat terus memberikan layanannya kepada mereka. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

KSRelief Distribusikan Ribuan Paket Makanan Ramadan di Seluruh Dunia


Back to Top