Label Halal Berpotensi Sukseskan Bisnis Dunia

gomuslim.co.id – Badan Sertifikasi Halal Brazillian menyatakan bahwa label halal sebagai pintu gerbang menuju kesuksesan dalam dunia bisnis. Hal ini mengingat ekonomi halal global telah berkembang selama dua dekade terakhir. Fakta tersebut digaungkan dalam webinar online bertajuk ‘Pasar Halal Global: Tren, Regulasi, dan Peluang’.

Dilansir dari publikasi Halal Times, Jumat (10/7/2020), webinar ini diselenggarakan oleh Kamar Dagang Arab Brazillian. Acara ini menarik sekitar 1.000 penonton dari seluruh dunia.

Dalam acara tersebut, hadir presiden Halal CDIAL Ali Saifi, presiden Halal Fambras Mohamed Zohgbi, direktur komersial Halal Alimentos Nasser Khazraji, dan presiden Halal Siil Chaiboun Darwiche.

Presiden Halal Fambras, Mohamed Zohgbi menekankan bahwa melakukan penelitian untuk sektor halal baru adalah salah satu langkah pertama untuk memperluas pasar makanan halal bagi Brasil. "Negara ini menonjol dalam protein hewani, tetapi kita tidak bisa melupakan industri lain yang tumbuh dalam ekonomi halal,” ujar dia.

Ia juga mengatakan bahwa studi pasar harus dilakukan untuk mengkonfirmasi kelayakan berbagai ide bisnis di sektor halal. “Banyak perusahaan di Brazil yang mampu memasok produk halal lainnya ke dunia selain ayam halal dari negara tersebut. Tetapi kita perlu mempelajari industri halal global untuk memahami pasar halal dan mengambil tindakan yang sesuai. Bahkan di pasar non-Muslim, orang memilih produk halal karena mereka berkualitas tinggi,” papar Zohgbi.

 

Baca juga:

Malaysia Cari Solusi Mudahkan Sertifikasi Halal

 

Sementara itu, Presiden Halal Siil Chaiboun Darwiche menyatakan pandangan bahwa Brasil memiliki badan akreditasi pemberi sertifikasi. “Halal adalah kebijakan negara, dan kita harus memperhatikannya. Kami sudah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Sekarang, kita harus sepenuhnya merangkul teknologi baru untuk mengambil keuntungan dari peluang halal yang ditawarkan industri,” jelasnya. 

Menurut dia, mereka perlu menggunakan alat digital untuk membuat pekerjaan mereka lebih mudah. “Sertifikasi seharusnya tidak menjadi hambatan; itu ada untuk mendukung eksportir Brasil. Karena itu, kita harus melakukan apa yang dapat kita lakukan untuk mempermudah kita semua,” tegasnya.

Presiden Halal CDIAL, Ali Saifi percaya bahwa saat ini semua pihak harus melihat sertifikasi sebagai tiket untuk mengekspor produk kita ke dunia. “Kata halal seharusnya tidak dianggap sebagai penghalang. Perusahaan harus melihatnya sebagai peluang bisnis yang layak. Label halal membawa kemungkinan besar dan keterbukaan pasar untuk setiap pemangku kepentingan,” pungkas Ali Saifi. (mga/HalalTimes)

Baca juga:

Kongres Halal Tingkat Dunia Akan Digelar di Bangka Balitung Pada 2022


Back to Top