Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid Birmingham Gelar Salat Jumat Tiga Shift

gomuslim.co.id – Masjid Green Lane di Birmingham, Inggris berencana akan mulai mengadakan salat Jumat pekan ini setelah dibuka sejak 4 Juli lalu. Namun, pelaksanaannya akan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Masjid Green Lane sendiri telah menyiapkan program pendaftaran dalam jaringan (daring) bagi Muslim yang ingin salat Jumat disana. Jika tidak memesan tempat, sulit dipastikan mendapat kesempatan menunaikan salat Jumat yang dimulai pada 10 Juli besok.

Selain itu, Masjid Green Lane akan menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19 yang diantaranya, jamaah wajib memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan membawa peralatan salat pribadi.

Sebelumnya, Masjid Green Lane dalam kondisi normal bisa menampung hingga 3.000 jamaah. Namun dengan penerapan protokol COVID-19 tersebut, kapasitas jamaah pun akan terpangkas jauh hingga hanya 450 jamaah saja.

"Dengan aturan pembatasan sosial, kami akan mengurangi jumlah jamaah secara drastis. Hal yang sama berlaku baik untuk salat fardhu berjamaah atau salat Jumat berjamaah," ujar pengurus Masjid Masjid Green Lane, Kamran Hussain seperti dilansir dari publikasi Birmingham Mail, Kamis (9/7/2020).

 

Baca juga:

Pasca Lockdown, Relawan Muslim Birmingham Bersihkan Kota dari Limbah Bahaya

 

Ia mengungkapkan, Masjid Green Lane telah memutuskan mengadakan salat Jumat dalam tiga shift. Menurut perhitungan, satu shift nantinya akan menampung 150 jamaah hingga totalnya 450 jamaah dalam tiga shift. Sedangkan untuk durasi salat Jumat per shiftnya sekitar 20 menit.

"Semuanya wajib pakai sajadah dan masker pribadi. Kami adakan tiga kali salat Jumat agar lebih banyak orang yang bisa ikut," imbuh Hussain.

Selain itu, Hussain pun meminta agar jamaah dalam kondisi sehat saja yang beribadah ke masjid. "Kami menyarankan jamah yang sudah tua, sakit dan masih anak-anak supaya berada di rumah saja demi keselamatan mereka," pungkasnya. (mga/BirminghamMail)

 

Baca juga:

Imam Muslim Inggris Desak Masjid Tetap Tutup Sampai Benar-Benar Aman


Back to Top