Ubah Stigma Hijaber, Miss Muslimah USA 2020 Siap Digelar Bulan Ini

gomuslim.co.id - Kontes kecantikan tahunan Miss Muslimah USA tahun 2020 akan tetap digelar di tengah pandemi virus Corona di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat pada 25 Juli 2020. 

Kontes yang digelar setiap tahun sejak 2017 ini bertujuan untuk mengubah stigma yang melingkupi hijaber selama ini. Kontes tersebut telah memberi wanita Muslim kesempatan untuk berpartisipasi dalam kontes kecantikan tanpa mengorbankan keyakinan mereka.

 

Baca juga:

Inilah Juara Miss Muslimah Amerika

 

Pendiri Miss Muslimah pageant USA, Maghrib Shahid,  mengaku bahwa kontes kecantikan Muslim tetap menjadi impian lama baginya. 

“Kami tampak Muslim, kitalah yang akan diserang lebih dulu. Saya ingin memberi wanita Muslim kesempatan untuk mengubah kesalahpahaman tentang diri mereka sendiri,” kata Maghrib Shahid seperti dilansir dari publikasi New York Times, Rabu (8/7/2020)

Miss Muslimah Pageant USA didirikan pada tahun 2016 dan menobatkan pemenang kontes pertama pada tahun 2017. Khadijah Ismail, yang tinggal di Newark, New Jersey, adalah pemenang Miss Muslimah USA pada tahun pertama. Disusul Ifrah Hashi dari Minnesota, yang meraih hadiah $ 1.000 di tahun 2018. Sedangkan pada 2019, Rahma Mohamed (Andrea Rahal), dari Madison, yang membawa pulang mahkota sebagai ratu baru.

Para kontestan yang bergabung dengan Miss Muslimah USA edisi ke-4 pada tahun 2020 ini harus memenuhi syarat yakni seorang wanita Muslim berusia 17 hingga 30 tahun.

Begitu mereka terdaftar, mereka dapat bersiap untuk bersaing dalam lima kategori: abayah, burkini, pakaian acara khusus yang sederhana, dan bakat, yang dapat berupa puisi kata yang diucapkan atau bacaan Alquran.

Untuk pertama kalinya, Muslim non-jilbab akan diizinkan untuk masuk dan bersaing bersama para kontestan berjilbab. Dua kontestan internasional, dari Kazakhstan dan Inggris, juga akan bersaing.

“Ini bukan tentang menjadi kaya. Ini tentang membuat perbedaan nyata, dampak nyata. Aku ingin orang benar-benar mendapat manfaat dari ini, aku ingin mengubah hidupmu, aku ingin mengubah jiwamu,” kata Maghrib Shahid.

 

Baca juga:

Miss Muslimah 2019 Tampilkan Sisi Unik Muslimah AS

 

Semangatnya untuk kontes dimulai pada masa kanak-kanak; dia berkata pada dirinya sendiri bahwa suatu hari dia akan memasuki kompetisi.

“Seiring bertambahnya usia, saya sadar, saya tidak melihat orang seperti saya – yang mirip saya dan cara saya berpakaian. Itu menjadi mimpi yang jauh,” kata Syahid.

Sekarang setelah dia memiliki Miss Muslimah, dia berkata, “Saya mewujudkan impian saya melalui para wanita ini.”

Shahid berpikir masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai potensi penuh kontes. “Butuh waktu bagi mereka untuk membangun, Jika Anda mendukung Miss Muslimah, dalam 10 tahun ke depan kami juga akan memiliki momentum yang hebat,” ungkapnya. (Mr/newyorktimes/aboutislam)


Back to Top