Jelang Idul Adha 2020, Pemprov DKI Gratiskan Pemeriksaan Kesehatan Hewan

gomuslim.co.id - Pemprov DKI Jakarta menyusun sejumlah aturan menjelang hari raya Idul Adha 2020. Salah satunya mengharuskan hewan kurban diperiksa kesehatannya. Sehingga menghindari kemungkinan adanya penularan penyakit melalui hewan kurban.

"Untuk menjamin keamanan daging kurban akan dilakukan pemeriksaan laboratorium di tempat pemotongan oleh petugas dari Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan," ujar Kadis Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI, Darjamuni melalui keterangan tertulisnya, Senin (6/7/2020).

 

Baca juga:

Kemenag Keluarkan Surat Edaran Pelaksanaan Kurban saat Pandemi COVID-19

 

Adapun pemeriksaan hewan kurban dan daging kurban akan digratiskan oleh Pemprov. Sehingga pedagang atau panitia dimudahkan untuk menjamin kesehatan daging kurban tahun ini.

"Pelaksanaan pelayanan pemeriksaan kesehatan hewan kurban dan pemeriksaan daging kurban tidak dipungut biaya. Gratis," tegasnya.

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi terjadinya kasus anthrax, Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan bekerjasama dengan Balai Besar Veteriner Subang akan melaksanakan pengambilan sampel tanah di tempat penampungan hewan di seluruh wilayah Jakarta. Pemprov DKI mengerahkan 584 orang tenaga kesehatan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban.

"Untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya konsumen daging kurban maka akan dikerahkan 584 orang tenaga pemeriksa kesehatan hewan yang terdiri dari Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta sebanyak 397 orang," jelasnya.

 

Baca juga:

MUI Jabar Beri Gambaran Pelaksanaan Pemotongan Hewan Kurban saat Pandemi

 

"PJLP Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian 101 orang, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jakarta 76 orang, Petugas Kementerian Pertanian 10 orang," lanjutnya.

Petugas akan membantu melayani pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta, pada hari H sampai dengan H+3 Idul Adha. Pemprov juga akan membuat video simulasi pemotongan hewan kurban sebagai panduan berkurban di tengah pandemi. (Mr/kum)


Back to Top