UAE Luncurkan Program Pelatihan Luar Angkasa untuk Pemuda Arab

gomuslim.co.id – Uni Emirat Arab (UEA) meluncurkan program pelatihan luar angkasa baru untuk generasi astronom dan ilmuwan. Program tersebut dilakukan seiring rencana UEA yang akan menjalani misi penting ke Mars.

Dilansir dari publikasi Khaleej Times, Ahad (5/6/2020), peluncuran program bernama Perintis Luar Angkasa Arab ini diumumkan langsung oleh Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Sabtu (4/6/2020).

Program pelatihan baru tersebut rencananya berjalan selama tiga tahun. Para peserta akan diberikan tempat tinggal yang tertutup sepenuhnya di negara ini. Mereka juga bakal mendapat pelatihan khusus kelas dunia dalam ilmu dan teknologi ruang angkasa.

Selain itu, para perserta pelatihan berkesempatan untuk membangun satelit canggih di UEA. Mereka juga akan mendapat beasiswa dan insentif keuangan lainnya dari pemerintah.

Para pemuda Arab kemudian akan berkesempatan untuk bergabung dengan tim peneliti, insinyur, dan pakar Emirati di sejumlah proyek luar angkasa.

Calon peserta dengan hasrat untuk ilmu ruang dan latar belakang ilmiah dapat mendaftarkan diri melalui situs web ArabsToSpace.com. Selanjutnya akan dievaluasi berdasarkan kualifikasi dan pencapaian dalam penelitian dan sains.

Pelopor Luar Angkasa Arab diperkenalkan menjelang peluncuran bersejarah Hope Probe UEA - misi Arab pertama ke Mars pada 15 Juli 2020 mendatang.

Di akun Twitter-nya, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum mengatakan dalam beberapa hari mendatang, UEA akan meluncurkan Hope Probe to Mars, misi antarplanet pertama di dunia Arab. “Hari ini, kami meluncurkan sebuah program yang mengundang pemuda Arab untuk mendapatkan keahlian dalam teknologi luar angkasa di UEA," kata dia.

Pihaknya berusaha mempersiapkan generasi astronom Arab dan ilmuwan antariksa berikutnya. Ini sebagai bagian dari misi yang lebih luas untuk menghidupkan kembali status peradaban Arab di bidang ilmiah.

 

Baca juga:

UEA Kirim 1.000 Ton APD untuk Profesional Medis di Seluruh Dunia

 

Cara kerja program

Diawasi oleh Badan Antariksa UEA, program ini akan membantu para peneliti muda Arab, ilmuwan dan penemu dan bakat kreatif melatih hasrat mereka untuk menemukan alam semesta. Harapannya prospek karir pemuda Arab di sektor luar angkasa meningkat di kawasan itu.

Program intensif menggabungkan pelatihan teori dan praktik langsung. Progran ini akan melihat bakat-bakat muda Arab dalam mengambil bagian di proyek-proyek Badan Antariksa UEA.

Secara keseluruhan, program ini berusaha mendukung pertumbuhan industri luar angkasa di UEA. Selain itu, memastikan bahwa program pelatihan memiliki kumpulan ahli dan spesialis muda Arab untuk misi penting berikutnya dalam menjelajahi kosmos.

Menginspirasi kaum muda

Ketua Badan Antariksa UEA, Dr Ahmad Belhoul, mengatakan Program Perintis Luar Angkasa Arab menanggapi meningkatnya ambisi dan hasrat generasi muda Arab dalam ilmu ruang angkasa. Program ini, kata dia, juga akan menjawab kebutuhan untuk berinvestasi dalam ekonomi masa depan.

“Program sejalan dengan hitungan mundur untuk peluncuran bersejarah Mars Hope Probe UEA. Ini memberi pesan inspirasional kepada para pemuda dan pemikir Arab di seluruh wilayah bahwa langit bukanlah batas impian mereka,” tutur dia.

Program ini, sambung dia, memungkinkan generasi muda Arab membuat impian menjadi kenyataan. Ini sekaligus menjadikan UEA sebagai contoh nyata yang menanamkan budaya kemungkinan dalam pendekatan dan filosofi kerjanya. (jms/khaleejtimes)

 

Baca juga:

Peneliti UEA Dapat Perlindungan Hak Paten Atas Temuan Pengobatan COVID-19


Back to Top