Bantu Pengelolaan Masjid di Pontianak, Kampus UBSI Hibahkan Aplikasi e-Tadzkirah

gomuslim.co.id - Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Pontianak juga tidak terlepas dari pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PM), salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kali ini, tim pengabdian yang diketuai Deni Risdiansyah dengan 4 anggota lainnya Agung Sasongko, Muhammad Sony Maulana, Nurmalasari dan Sari Dewi ini melaksanakan PM di Masjid Al Ikhlas Pontianak.

Dibantu dengan dua orang mahasiswa sebagai pendamping peserta. Kegiatan ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan dari Mei berakhir pada Juni 2020.

 

Baca juga:

Mudahkan Donatur Bersedekah, ABI Launching Aplikasi Muslim Peduli

 

Deni mengatakan bentuk pengabdian timnya yakni hibah aplikasi e-Tadzkirah yang dibuat dengan tujuan untuk membantu masyarakat mencari jadwal kajian/tausiyah di masjid atau tempat-tempat yang melaksanakan kajian untuk masyarakat umum.

Salah satunya Masjid Al Ikhlas bertempat di Jalan Parit Mayor Pontianak yang mempunyai beberapa agenda keagamaan rutin yang ada di masjid tersebut.

“Hibah aplikasi e-Tadzkirah ini kami berikan pada pengurus Masjid Al Ikhlas Pontianak agar dapat memberikan informasi seputar kegiatan keagamaan apa saja yang diadakan oleh masjid inikepada masyarakat luas sehingga bisa mengikutinya dan melihat langsung penjadwalannya lewat aplikasi tersebut,” ungkap Deni melalui keterangan tertulis, Jumat (3/7/2020).

Peserta yang merupakan dewan pengurus Masjid Al Ikhlas Pontianak juga mendapatkan sosialisasi dan materi pemanfaatan aplikasi e-Tadzkirah.

Tim pengabdian juga memberikan pelatihan penggunaan sistem informasi e-Tadzkirah kepada para remaja masjid yang menjadi bagian di dalam struktur organsasi Yayasan Pengurus Masjid Al Ikhlas Pontianak.

Hal ini bertujuan agar mereka dapat membantu mengoperasikan aplikasi yang dihibahkan oleh tim Pengabdian Masyarakat.

 

Baca juga:

Aplikasi KESAN Hadirkan Fitur Pendukung Ibadah Muslim Sehari-hari

 

Tim pengabdian berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini agar para pengugrus Masjid Al Ikhlas Pontianak dapat memanfaatkan peran teknologi informasi sebagai salah satu media informasi kepada masyarakat umum yang bertujuan agar masyakarat bisa mengetahui informasi terbaru di masjid seperti lokasi masjid di dalam peta online, kegiatan kajian yang sedang berlangsung atau akan berlangsung, serta pemasukan dan pengeluaran kas masjid yang dipublikasikan secara transparan serta banyak lagi fitur lainnya.

“Harapan kami ke depannya semoga pengurus masjid bisa memaksimalkan peran teknologi informasi agar masyakarat umum bisa selalu mengetahui perkembangan dan kegiatan masjid secara real-time,” kata Agung, salah satu tutor tim PM.

Lanjutnya, sehingga masjid dengan ini dapat menyebarluaskan informasi kegiatannya serta dapat melaporkan keuangan masjid melalui media informasi berbasis web. (Mr/tribun)


Back to Top