Siapkan Rp 38,7 T, Saudi Percepat Pembangunan Mega Proyek Pariwisata Qiddiya

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi semakin gencar menyiapkan destinasi wisata baru bagi para wisatawan. Sejumlah mega proyek pun sudah mulai digarap Kerajaan. Salah satunya adalah proyek Qiddiya di ibukota Saudi, Riyadh.

Setidaknya kontrak senilai SR10 miliar ($ 2,66 miliar atau sekitar Rp 38,7 triliun) akan diberikan kepada berbagai perusahaan untuk mempercepat pembangunan proyek hiburan dan olahraga raksasa. Hal ini diumumkan langsung Perusahaan Investasi Qiddiya, Kamis (2/7/2020).

Dana tersebut akan didukung oleh Dana Investasi Publik Kerajaan.

"Kami telah memberikan lebih dari 1 miliar riyal dalam kontrak sejauh ini. Angka itu akan melonjak. Mungkin sepuluh kali hingga 10 miliar riyal, yang semuanya akan menjadi kontrak terkait konstruksi," ujar kepala eksekutif Qiddiya, Michael Reininger, seperti dilansir dari publikasi The National, Jumat (3/7/2020).

 

Baca juga:

Saudi Stop Keluarkan Visa Turis untuk Negara Paling Parah Terdampak Virus Corona

 

Proyek Qiddiya mencakup sejumlah fasilitas seni, hiburan, dan olahraga. Proyek ini dibangun di atas lahan 334 kilometer persegi yang dekat dengan Riyadh. Ini akan menjadi pusat hiburan pertama kerajaan dan terbesar di dunia.

Pembangunannya merupakan bagian dari program Visi 2030 Arab Saudi yang bertujuan untuk mendiversifikasi ekonomi Kerajaan.

Pembangunan Qiddiya ditargetkan selesai di 2023. Ini akan menjadi rumah bagi roller coaster tercepat di dunia dan ragam wahana lainnya. Serta mencakup juga fasilitas olahraga dan taman safari.

Proyek Qiddiya telah dimulai sejak April 2018 lalu dan sedang dikembangkan dalam tiga fase. Tahun ini ditargetkan untuk meluncurkan Qiddiya Experience Center dan dimulainya pembangunan fase satu. (jms/thenational/arabnews)

 

Baca juga:

Diversifikasi Ekonomi, Saudi Investasi Dana USD 4 Miliar untuk Pariwisata


Back to Top