Ajarkan Agama di Pedalaman, Ustaz Mualaf ini Rela Berjalan 17 KM

gomuslim.co.id - Nama Ustaz Malik baru-baru ini menjadi sorotan warganet. Dedikasinya yang begitu tinggilah yang membuat Ustaz Malik dikenal banyak orang. Terlebih, Ustaz Malik merupakan seorang mualaf. Ia rela berjalan belasan kilometer demi bisa berdakwah di daerah pedalaman Timor Tengah Selatan.

Meski begitu, terkadang beberapa warga yang melewatinya memberikan tumpangan. Mengingat bagaimana perjuangan Ustaz Malik mengajarkan ilmu agama dari desa ke desa.

 

Baca juga:

Tak Digaji, Aminatus Sadiyah Ikhlas Ajarkan Warga Pedalaman Papua Mengaji

 

"Beliau adalah Ustaz Malik, seorang mualaf yang mengabdikan dirinya sebagai da'i di pedalaman Timor Tengah Selatan," seperti yang tertulis dalam akun Instagram Pesantren Quran Taqwa baru-baru ini.  

Keputusannya menjadi seorang mualaf tidak bisa dianggap sepele. Ustaz Malik bahkan rela berjalan kaki menempuh jarak 17 kilometer untuk berdakwah. Beliau mengajarkan ilmu agama ke penduduk pedalaman Tomir Tengah Selatan.

"Sembilan tahun dia berdakwah dari desa ke desa demi mengajarkan ilmu agama kepada penduduk sekitar," tulisnya.

Kondisi Jalan

Tidak hanya itu, kondisi jalan yang harus ditempuh juga tak seperti yang dibayangkan. Jalan penuh bebatuan, pepohonan menjulang rimbun, debu yang terkadang menutup jarak pandang, itulah sedikit dari kondisi jalan yang harus dilalui Ustaz Malik.

"Beginilah kondisi jalan yang dilalui Ustaz Malik setiap hari. Medan berbukit adalah temannya sehari-hari," seperti yang tertulis dalam video.

Sebagai bentuk terima kasih, terkadang ada warga yang memberikannya tumpangan. hal itu terjadi saat mereka bertemu dengan Ustaz Malik di tengah perjalanan. Meski begitu, penduduk juga tidak bisa mengatarkan Ustaz Malik terlalu jauh.

"Meski tak selalu, namun ada saja penduduk yang lewat dan memberi tumpangan sebagai rasa terima kasih kepada Ustadz Malik, walaupun mereka tak dapat mengantarkan Ustadz Malik terlalu jauh," sambungnya.

 

Baca juga:

BWA Distribusikan Puluhan Ribu Alquran ke Pedalaman Kalbar

 

"Namun, sisa perjalanan yang masih panjang tetap harus dia tempuh dengan berjalan kaki," ungkapnya.

Meski rintangan yang dilaluinya tak mudah, tak membuat niat Ustaz Malik untuk berdakwah surut. Dia tetap berjalan menempuh belasan kilometer demi bisa mengajarkan ilmu agama ke penduduk. "Kondisi jalan yang sulit, tak menyurutkan niatnya untuk berdakwah," paparnya. (Mr/merdeka)


Back to Top