Masjid India Keluarkan Kartu Pintar untuk Pelaksanaan Salat Berjamaah

gomuslim.co.id – Masjid Kuttichira, Kozhikode, Kerala, India mengeluarkan kartu pintar untuk umat Muslim India guna mengantisipasi keramaian masjid di tengah pandemi COVID-19. Cara unik tersebut dilakukan guna menerapkan Social Distancing.

Dilansir DNA India pada Selasa (16/6/2020), pengurus masjid, Muhammad Sajjad mengatakan Umat Muslim nantinya diberikan kartu beridentitas yang apabila saat ingin masuk masjid untuk melaksanakan salat berjamaah, maka kartu tersebut akan di cek menggunakan kamera.

"Pengurus telah memberikan kartu pintar dengan nomor kepada orang-orang di sekitar Masjid. Seseorang yang memasuki tempat masjid harus menggosok tangan mereka dengan pembersih,” ungkap Sajjad dalam keterangannya.

Katanya, sistem otomatis telah disiapkan untuk menyimpan alamat dan nomor telepon. Setelah teregistrasi, mereka harus mengatakan nomor kartu pintar mereka sehingga perincian lainnya akan secara otomatis diisi.

 

Baca juga:

Masa Transisi, Thailand Izinkan Umat Muslim Kembali Salat di Masjid

 

"Pintu masjid akan terbuka secara otomatis setelah menggesekkan kartu. Kami telah memasang sensor di pintu. Kami juga telah membuat tanda di dalam area masjid sehingga orang dapat mematuhi norma jarak sosial,” terangnya.

Sebelumnya, pemerintah Kerala telah mengeluarkan perintah yang memungkinkan pembukaan tempat ibadah, mal dan restoran mulai 9 Juni sesuai dengan pedoman dan pembatasan sosial. Sedangkan untuk wanita hamil dan mereka dengan komorbiditas tidak boleh mengunjungi tempat ibadah. Mereka yang memiliki gejala juga tidak diizinkan.

Menurut data worldometers, India saat ini telah mencatat total 343.026 kasus positif corona. Dengan jumlah kematian sebanyak 9.915 orang dan yang sembuh sebanyak 180.320 orang.

Sementara itu, India sendiri menjadi negara keempat dengan kasus COVID-19 tertinggi di dunia, tepat di bawah Amerika Serikat, Brasil, dan Rusia. Dan menjadi yang tertinggi di benua Asia. (hmz/dna-India/wowkrn)

 

 Baca juga:

Pasca Lockdown, Relawan Muslim Birmingham Bersihkan Kota dari Limbah Bahaya


Back to Top