Masjid Agung Al-Barkah Kota Bekasi Terapkan Protokol Kesehatan bagi Jamaah

gomuslim.co.id – Pemerintah Kota Bekasi telah memperbolehkan rumah ibadah di zona hijau untuk di buka kembali. Salah satunya adalah Masjid Agung Al-Barkah yang berada di Jalan Veteran, Kecamatan Bekasi Selatan.

Di Masjid Al-Barkah sendiri, jamaah yang datang untuk menjalankan salat berjamaah mempunyai aturan atau protokol khusus. Sebab, Al-Barkah adalah masjid terbesar di Kota Bekasi dimana jemaah bisa mencapai ribuan orang.

Sebelum memasuki masjid, jemaah yang datang terlebih dahulu harus menjalani pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan di bilik yang terdapat di masjid. Tak hanya itu, jemaah juga diimbau mengenakan masker, membawa peralatan salat seperti sajadah, mukena serta menjaga jarak saat salat.

Selesai pelaksanaan salat, pengurus masjid juga meminta jemaah tidak duduk-duduk di masjid usai salat. Biasanya, sebelum wabah pandemi COVID-19 merebak, jemaah tidak dilarang untuk bersantai-santai di masjid.

Kini, jemaah yang duduk-duduk di pekarangan masjid oleh pengurus langsung diminta untuk meninggalkan masjid usai menjalankan salat. Hal itu karena mengikuti aturan protokol kesehatan dan aturan dari Pemerintah Kota Bekasi.

 

Baca juga:

Islamic Center Kota Bekasi Gelar Salat Jumat Hari Ini

 

Salah satu pengurus Masjid Al Barkah, Iskandar mengatakan, pelaksanaan salat berjamaah tetap digelar dan mengikuti protokol kesehatan. Masjid akan dibuka menjelang waktu Salat dan ditutup kembali setelah pelaksanaan salat.

“Jadi menjelang waktu Dzuhur masjid buka, nanti sampai jam 1 siang tutup. Nanti buka lagi menjelang Ashar, abis itu tutup. Nanti buka lagi menjelang Magrib dan ditutup lagi setelah salat Isya,” jelas Iskandar baru-baru ini.

Sejatinya, lanjut Iskandar, Masjid Al-Barkah normalnya ditutup sekitar pukul 21.00. Namun dengan pertimbangan adanya wabah COVID-19, masjid akan ditutup usai pelaksanaan salat Isya.

“Biasanya jam 9 malam (21.00 WIB) ditutup, tapi sekarang abis salat Isya kita langsung tutup. Jadi tidak ada kegiatan lagi masjid seperti Itikaf dan duduk -duduk di sini,” tuturnya.

Tak hanya itu, Iskandar mengatakan pihak masjid juga sudah memberikan imbauan sebelum pelaksanaan salat berjamaah di masjid. Misalnya seperti penggunaan masker, menjaga jarak dan membawa peralatan salat sendiri. “Sebelum salat dikasih pengumuman pakai masker, jaga jarak sekitar 1,2 meter,” pungkasnya. (mga/Gobekasi)

 

Baca juga:

Pemkot Bekasi: Pelaksanaan Salat Id Harus Kantongi Izin MUI dan DMI


Back to Top