Dukung Ibu Pelaku Usaha Mikro, ACT Luncurkan Sahabat UMI 

gomuslim.co.id – Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI). Program ini merupakan bantuan kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), khususnya usaha mikro yang terdampak pandemi COVID-19 di Indonesia.

Presiden ACT, Ibnu Khajar mengatakan, di tengah pandemi COVID-19, sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut terpuruk. Akibatnya, perputaran modal tidak berjalan dengan lancar yang membuat tidak sedikit pelaku usaha harus kalang kabut untuk menyelesaikannya.

“Seiring dengan kondisi ekonomi pelaku usaha yang semakin berat, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menginisiasi program Sahabat UMI (Usaha Mikro Indonesia). Program ini memberikan sedekah modal usaha untuk menumbuhkembangkan usaha ultra mikro, khususnya usaha para ibu yang terkena dampak ekonomi dari pandemi COVID-19,” ungkap Ibnu Khajar di Menara 165, Selasa (2/6/2020).

Ia mengaku, menargetkan penyaluran modal usaha ke 10.000 ibu-ibu dalam program Sahabat Usaha Mikro Indonesia (Sahabat UMI). Sahabat UMI menyasar para ibu pemilik usaha rumahan atau pedagang keliling yang menyokong ekonomi keluarga. Terealisasinya program ini dilandaskan oleh beberapa fakta yang terjadi di lapangan.

 

Baca juga:

Global Qurban dan ACT Buka Lapangan Kerja Melalui Agen Filantropi Qurban

 

“Program tersebut akan menghidupkan sektor mikro yang sulit dijangkau perbankan khususnya dalam tekanan ekonomi seperti sekarang. Setiap bulan selama setahun kita berikan modal usaha Rp500.000 hingga Rp1 juta setiap bulan. Dan itu akan terus dalam pantauan ACT sampai mereka bisa melakukannya secara mandiri,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, hingga akhir tahun 2020, ia akan menyasar satu juta ibu-ibu di seluruh pelosok negeri. Kemudian, katanya, ACT juga akan membuka layanan UMI Care Line.

“Sementara 10.000 di se-pulau Jawa. Nanti akan terus kami upgrade mencapai satu juta ibu-ibu. Nanti kami akan membuka Umi Careline, sama seperti humanity careline, dimana ibu-ibu yang butuh modal, dapat menghubungi call center kami,” tegasnya.

Sementara itu, Ustaz Amir Faishol Fath yang turut hadir dalam launching program Sahabat UMI di Aksi Cepat Tanggap ini menyampaikan supportnya. Katanya, program Sahabat UMI ini merupakan Gerakan yang tepat di tengah carut marutnya perekonomian umat akibat wabah Virus Corona.

“Ini solusi ketika masyarakat kehilangan penghasilannya, termasuk kaum bapak yang down akibat kehilangan mata pencahariannya. Dengan aksi ini, menjadi awal solusi peningkatan perekonomian keluarga melalui jalur usaha,” katanya.

Ia mengaku, gerakan Sahabat Umi ini akan menjadi solusi tepat bagi pertumbuhan perekonomian umat. “Suami drop, dibantu istri buka usaha. Usaha maju, suami nanti ikut terjun bersama untuk memajukan usahanya, kemudian ekonomi keluarga nanti akan stabil lagi. Ini baru solusi,” pungkasnya. (hmz)

 

Baca juga:

Di Momen Lebaran, ACT Tetap Berbagi Kebahagiaan untuk Korban Terdampak Pandemi


Back to Top