Kemenag Akan Putuskan Pelaksanaan Haji Pada Selasa, 2 Juni 2020

gomuslim.co.id - Kementerian Agama akan mengumumkan keputusan pelaksanaan Haji 2020 M/1441 H pada Selasa (2/6/2020). Keputusan pemberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia ini sangat dinanti di tengah pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

“Insya Allah (besok diumumkan keputusan pelaksanaan Haji 2020),” kata Menteri Agama, Fachrul Razi dalam keterangan tertulis yang diterima gomuslim, Senin (1/6/2020).

Akan tetapi, Fachrul tak memberitahu kemungkinan skenario apa yang akan diambil Kemenag. Keputusan itu akan diumumkan sekitar pukul 10.00 WIB saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI.

Sebelumnya, pelaksanan Haji 1441 H/2020 M yang sedianya akan diumumkan Rabu (20/5) lalu kembali diundur. Hal tersebut disampaikan Menteri Agama, Fachrul Razi dalam jumpa pers usai mengkuti rapat terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

 

Baca juga:

Sudah 70 Hari Puluhan Ribu Masjid di Arab Saudi Tutup, Begini Kabar Haji dan Umrah

 

“Haji memang sampai saat ini belum ada keputusan dari pemerintah Saudi Arabia. Tapi kan kita tidak bisa menunggu lama-lama, karenanya tadi masukan dari presiden kita menunggu kembali sampai awal Juni sekitar tanggal satu atau dua (Juni),” kata Fachrul melalui virtual.

Fachrul mengatakan, Kemenag telah menyiapkan tiga skema pemberangkatan Haji tahun ini. Pertama, semua jamaah berangkat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, kedua pemberangkatan jamaah dengan pembatasan, dan ketiga, tidak ada pemberangkatan jamaah haji.

”Jadi, sesuai petunjuk bapak Presiden setelah berkomunikasi dengan Raja Salman, mungkin akan ada kepastian jika kondisi di sana sudah normal kembali,” ujarnya.

Sementara, Konsul Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Endang Jumali, belum dapat memberikan kepastian penyelenggaraan ibadah haji 1441 Hijriyah atau 2020 M.

Menurut dia, pemerintah Indonesia masih menunggu keputusan dari pemerintah Arab Saudi. Secara resmi pemerintah Arab Saudi belum mengeluarkan statment terkait haji tahun ini.

Kalau secara persiapan mereka on going, tapi wallahu a’lam. Kita tunggu saja keputusan dari Saudi,” pungkas Endang. (hmz/rls)

 

Baca juga:

Komnas Haji dan Umrah Desak Kemenag Segera Sosialisasi Penundaan Haji 2020


Back to Top