Miraaj Academy Jadi Tempat Aman bagi Mualaf di Amerika Serikat

gomuslim.co.id – Di era budaya pop dan ketegangan agama, komunitas Muslim Amerika seperti Miraaj Academy di Memphis, Tennessee telah memimpin tugas dengan mengubah kehidupan para pemuda di Negeri Paman Sam.

Dalam kampanye Launchgood, ‘Miraaj Academy mengikuti pendekatan holistik untuk pendidikan berdasarkan menghafal Alquran, ilmu-ilmu Islam tradisional, akademisi yang menantang, dan layanan masyarakat.

“Para siswa di sini adalah pemuda Muslim (usia 14-16) yang berasal dari latar belakang ekonomi dan budaya yang beragam di seluruh Amerika Serikat. Mayoritas siswa memerlukan beasiswa untuk menghadiri program ini,” ujar pendiri Miraaj Academy, Hamzah Abdul Malik seperti dilansir dari publikasi AboutIslam, Ahad (31/5/2020).

Ia menjelaskan bahwa Miraaj Academy merupakan program kampus selama empat tahun. Di sini, para siswa untuk belajar Fiqh, Aqidah, Arab, Tajwid, Sejarah Muslim Amerika, logika, ilmu Alquran (Ulum al-Qur'an), dan akademisi sekuler reguler (matematika, seni bahasa).

“Banyak mualaf muda menghadiri akademi ini untuk terlibat dalam belajar sains tradisional, menyelesaikan proyek layanan masyarakat beberapa kali seminggu. Mereka juga mempelopori proyek komunitas, seperti pengembangan dapur makanan, kebun komunitas, pembersihan jalan, dan mengajar anak-anak Alquran di masjid,” jelasnya.

 

Baca juga:

Terpikat Surat Al Kafirun, Mantan Atlet Selancar Australia Ini Pilih Jadi Mualaf

 

Salah satu contohnya adalah Table Spread Food Pantry. Di sini, siswa Miraaj bekerja sama dengan komunitas Memphis Utara setempat untuk membuka pantry makanan pilihan klien pertama di daerah tersebut.

Para siswa juga mengirim makanan ke padang pasir makanan di Memphis, Texas, anak-anak muda, mengembangkan taman Komunitas Ayisha Anwara, bahkan beberapa relawan menjadi peternak lebah di masjid setempat dan mengambil bagian dalam memanen madu.

Memperbaiki Kehidupan Muslim yang Bertobat

Premier Wright, masuk Islam pada usia 14 dan bergabung dengan Miraaj Acadmey. Dia baru-baru ini mendaftar ke dua perguruan tinggi (salah satunya Zaytuna). Dia akan pindah untuk melanjutkan studi sarjana.

Pendiri Miraaj Academy

Hamzah adalah satu dari sedikit orang Amerika kulit hitam yang memiliki kesempatan untuk mempelajari lebih dari 70 buku dalam ilmu-ilmu agama.

Dia merupakan Hafiz Quran lulusan Al-Azhar yang menerima gelar Hukum Islam dan Etika. Dia berkeliling dunia untuk belajar dengan para sarjana Islam terkenal dan memiliki lebih dari 15 tahun pendidikan Islam formal.

Pada 2012, ia kembali ke negara bagian untuk membesarkan keluarganya. Dia juga menginvestasikan pengetahuan dan pelatihannya dalam pembangunan komunitas dan sosial outreach.

Dengan dukungan masyarakat, ia mendirikan Masjid Midtown, Memphis TN. Sekarang, dia berharap untuk menyatukan semua pengalaman dan keterampilannya untuk melayani masyarakat. (jms/aboutislam)

 

Baca juga:

Ini Ilmuwan Muslim yang Jadi Kepala Program Vaksin COVID-19 di Amerika


Back to Top