Waketum DMI: Masjid-Masjid Segera Buka Kecuali di Wilayah Zona Merah

gomuslim.co.id – Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengumumkan bahwa seluruh Masjid di Indonesia akan kembali dibuka. Tempat-tempat ibadah yang selama ini ditutup akan segera dibuka kecuali wilayah di zona merah.

Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (Waketum DMI), KH Masdar Faris Mas'udi mengatakan, rencana pemerintah memberlakukan new normal pasca Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), juga berlaku untuk masjid-masjid di Indonesia.

"Jika kondisi sudah membaik, tidak lagi dikhawatirkan bahaya virus corona (COVID-19). Tentu para pemangku masjid yang bersangkutan akan segera membukanya untuk kepentingan ibadah jamaahnya," ujarnya, Kamis (28/5/2020).

 

Baca juga:

Untuk Kawasan Yang Sudah Terkendali, MUI Tegaskan Umat Islam Wajib Salat Jumat

 

Masdar menyebutkan, untuk waktunya akan disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Jika sudah aman dari penyebaran COVID-19, maka masjid akan dibuka dan dipergunakan sebagaimana semestinya.

"Kapan? Tergantung kondisi masing-masing daerah, sesuai dengan petunjuk pemegang otoritas kesehatan masing-masing daerah," ucapnya.

Namun apabila masih ada beberapa zona merah di sejumlah wilayah, meski new normal sudah diberlakukan DMI tidak menyarankan masjid di kawasan tersebut dibuka. Sebab, mengingat protokol kesehatan penanganan COVID-19 masih berlaku selama virus tersebut masih mewabah.

Sementara itu Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Masjid Istiqlal, Ustadz Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, terkait dengan pemberlakuan new normal, Masjid Istiqlal juga segera dibuka untuk umum. "Kami di Istiqlal menunggu imbauan dari pemerintah baik DKI Jakarta, maupun pusat," katanya.

Dia mengatakan, Masjid Istiqlal akan dibuka kembali ketika imbauan tentang new normal sudah resmi diberlakukan, khususnya jaminan keamanan kesehatan terkait COVID-19.

"Kalau sudah ada jaminan bahwa COVID-19 sudah bisa diatasi, khususnya di DKI maka masjid pun kami buka untuk umum dan tetap dengan protokol kesehatan," pungkasnya. (hmz/okezone)

 

Baca juga:

Pemkot Bekasi: Pelaksanaan Salat Id Harus Kantongi Izin MUI dan DMI


Back to Top