Sekitar 7.000 Jemaah Umrah Indonesia Masih di Arab Saudi

gomuslim.co.id - Konsul Jenderal RI untuk Jeddah, Eko Hartono mengatakan saat ini jemaah umrah Indonesia di Arab Saudi berjumlah sekitar 6.000 hingga 7.000 orang. Jemaah ini merupakan rombongan jemaah terakhir semenjak Saudi menangguhkan umrah pekan lalu karena virus Corona.

"Masih ada rombongan umrah Indonesia, tapi sudah tidak banyak. Diperkirakan masih ada sekitar 6.000 sampai 7.000 orang di Makkah dan Madinah. Diperkirakan tanggal 15 Maret sudah selesai semua," kata Eko, Senin (9/3/2020).

 

Baca juga:

Arab Saudi Umumkan 4 Kasus Baru Corona, Total 11 Orang Positif COVID-19

 

Pemerintah Saudi menangguhkan umrah bagi jemaah dari dalam dan luar negeri sejak pekan lalu. Saudi sebelumnya juga menutup Masjidil Haram untuk dilakukan sterilisasi virus Corona.

Meski wilayah Mataf di Masjidil Haram masih ditutup untuk pelaksanaan tawaf, Eko mengatakan jemaah Indonesia tetap bisa melaksanakan prosesi umrah hingga tuntas.

Adapun larangan masuk bagi jemaah berkain ihram, kata Eko, hanya berlaku bagi jemaah warga Saudi atau pemegang izin tinggal tetap alias mukimin.

 

Baca juga:

Ribuan Jamaah Salat Jumat di Masjidil Haram Pasca Sterilisasi

 

"Kalau yang datang sebelum 27 Februari masih tetap boleh umrah, kok. Jadi sekarang juga masih ada sisa-sisa yang umrah, masih boleh lanjut. Tidak ada yang ditolak masuk atau tidak bisa melanjutkan ibadah," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Arfi Hatim mencatat masih ada sebanyak 4.800 jemaah asal Indonesia yang melaksanakan ibadah umrah dan ziarah di Tanah Suci. Nantinya, seluruh jemaah ini akan dipulangkan ke Indonesia sesuai jadwal pada 15 Maret mendatang.

"Sampai hari ini, Minggu (8/3) jemaah kita yang melaksanakan ibadah dan ziarah seperti biasa tanpa ada hambatan apa pun kurang lebih ada 4.800, dan menurut catatan kami, pertanggal 15 Maret seluruh jemaah Indonesia akan pulang semuanya sesuai dengan jadwal," ujar Arfi.

Adapun maskapai penerbangan yang menjemput jemaah ke Arab Saudi adalah Garuda Indonesi yang  akan pergi dengan keadaan kosong. Jadi, pesawat ini dikhususkan untuk menjemput jemaah umrah yang sudah dijadwalkan untuk pulang. 

Sejauh ini ada 15 orang di Arab Saudi yang menderita virus corona. Belum diketahui sampai kapan Saudi menangguhkan umrah dan ziarah ke Madinah. (Mr/kumparan/kontan)


Back to Top