Pertama di Queensland Australia, Kepanduan Muslim Ini Berdayakan Kaum Muda

gomuslim.co.id – Nilai-nilai, etos, fokus pendidikan, dan ruang lingkup gerakan internasional semuanya kompatibel dengan ajaran Muslim. Anak-anak muda yang terbagung dalam Kepanduan atau Pramuka didorong untuk menghormati dan mencintai Tuhan. Anak Kepanduan juga diajarkan untuk menyayangi orang lain serta menumbuhkan rasa tanggung jawab moral.

Bergabung dengan gerakan besar di seluruh dunia, kelompok Kepanduan Muslim pertama di Queensland, Australia telah populer di kalangan anak muda perempuan. Muslim Crescent Scouts di Logan Central, Brisbane Selatan menjadi salah satu kelompok negara terbaru dalam gerakan kepanduan. 

"Orang-orang berkata, 'Mari kita lakukan sesuatu seperti Pramuka' dan saya pikir mengapa melakukan sesuatu seperti Pramuka, mari kita lakukan Pramuka," ujar Pendiri Kepanduan, Farah Scott seperti dilansir dari About Islam, Senin (9/3/2020).

 

Baca juga:

Konferensi Islam Inggris 2020 Bahas Tradisi dan Modernitas

 

Ia menjelaskan, kelompok ini memiliki lebih dari 20 anggota yang mencakup Joey Scouts (lima hingga tujuh tahun), Cub Scouts (delapan hingga 10 tahun), Scouts (11 hingga 14 tahun), Venturer Scouts (15 hingga 17 tahun) dan para pemimpin kepanduan dewasa yang membantu menjalankan kegiatan di setiap kelompok umur.

Mulai tahun 1907, gerakan Pramuka populer di dunia Arab. Dari 40 juta Pramuka di seluruh dunia, 28 juta diantaranya adalah Muslim. "Saya memutuskan untuk bergabung dengan Pramuka karena saya merasa seperti laki-laki. Dalam agama, biasanya pria diasumsikan lebih banyak pekerjaan," ujar seorang anggota Pramuka Crescent Muslim, Abdullah Gemicioglu (17).

“Saya sudah bisa menggunakan keterampilan dalam kehidupan nyata jadi belajar cara mengikat simpul, mengangkat hal-hal lain menggunakan konfigurasi tali, jadi itu sangat berguna. Saya menemukan bahwa sebagian besar anak-anak saat ini biasanya berada di dalam terlalu banyak. Mereka tidak mengembangkan segala jenis keterampilan seperti di masa lalu, jadi saya merasa ini adalah kegiatan yang sangat baik untuk dilakukan,” lanjutnya.

Diketahui, semakin banyak Muslim meluncurkan pasukan pengintai di seluruh dunia. Pada tahun 2017, Kota Norwich di Inggris Timur mendapatkan kelompok pengintai Muslim pertama yang mendorong kaum muda dari semua agama untuk bergabung dan belajar lebih banyak tentang Muslim dan gerakan Kepanduan.

Pada November 2019, sebuah masjid lokal di Blackburn meluncurkan kelompok pramuka sendiri yang mendorong anak-anak Muslim dan sukarelawan untuk bergabung dengan gerakan kepanduan. (mga/AboutIslam)

 

Baca juga:

Konferensi Ini Akan Bahas Masa Depan Komunitas Muslim Kulit Hitam Amerika 


Back to Top