Dampak Temuan 4 Kasus Baru COVID-19, Arab Saudi Tunda Perjalanan ke 9 Negara

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi kembali mengumumkan penemuan empat kasus virus Corona atau COVID-19, Senin (9/3/2020). Akibatnya, Saudi memutuskan untuk menangguhkan perjalanan melalui udara dan laut antara Kerajaan dan sembilan negara untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Seperti dilansir dari publikasi Arab News, Senin (9/3/2020), penangguhan perjalanan bagi warga negara Saudi dan warga asing meliputi Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Bahrain, Lebanon, Suriah, Mesir, Irak, Italia, dan Korea Selatan.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Saudi menyebutkan, kasus-kasus baru terkait COVID-19 yakni termasuk warga negara Saudi, dua warga Bahrain, dan seorang warga Amerika. Untuk itu, orang-orang yang bepergian dari Negara-negara itu atau siapa saja yang telah berada di sana dalam 14 hari terakhir sementara akan dilarang memasuki Kerajaan.

Penemuan empat kasus baru membawa jumlah total kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Kerajaan telah menjadi 15. Pada Ahad (8/3/2020) kemarin, Kementerian Kesehatan mengumumkan temuan empat kasus lebih Corona di Qatif, sehingga total menjadi 11 kasus.

 

Baca juga:

Arab Saudi Umumkan 4 Kasus Baru Corona, Total 11 Orang Positif COVID-19

 

Sebuah pernyataan dari Kementerian Kesehatan Saudi mengatakan kasus pertama adalah warga Negara Saudi yang terkait dengan kasus sebelumnya di Qatif. Sekarang, pasien tersebut diisolasi di rumah sakit. Pasien kedua dan ketiga adalah wanita Bahrain yang datang dari Irak dalam perjalanan ke Bahrain. Keduanya juga diisolasi di rumah sakit di Qatif.

Seorang juru bicara kementerian mengatakan bahwa kasus keempat adalah warga negara AS yang kembali ke Kerajaan setelah melakukan perjalanan dari Filipina dan Italia. “Pasien dipindahkan ke rumah sakit yang disiapkan untuk diisolasi di Riyadh,” ujarnya.

Kebijakan baru larangan bepergian ke sembilan Negara ini merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan oleh Kerajaan untuk mencegah penyebaran Corovirus atau yang kini diberi nama COVID-19 yang berasal dari kota Wuhan, China. (mga/ArabNews)

 

Baca juga:

Turki Jadi Negara Percontohan dalam Pengelolaan dan Pencegahan Virus Corona


Back to Top