Pemugaran Selesai, Masjid Kuno di Turki Ini Kembali Terbuka untuk Salat 

gomuslim.co.id - Masjid Döşeme, simbol Balıklıgöl yang terkenal di Şanlıurfa, Turki tenggara, akhirnya dibuka untuk salat pada hari Jumat, (6/3/20) setelah lima tahun menjalani proses pemugaran.

Dilansir dari Daily Sabah, Senin (9/3/20), Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Halilurrahman. Bangunan berusia 800 tahun ini bisa digunakan umat Islam melaksanakan salat Jumat untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun.

 

Baca juga:

Rampung Sebelum Ramadan, Masjid Raja Salman Bakal Jadi Masjid Terbesar di Maladewa

 

Sebuah bangunan budaya dan sejarah yang penting, masjid dan Balıklıgöl di dekatnya terdapat kolam yang melegenda. Kolam ini adalah tempat Nabi Ibrahim dilemparkan ke dalam api oleh Raja Nimrud. Berdasarkan kepercayaan ini, api berubah menjadi kolam dan kayu bakar menjadi ikan. Karenanya, Balıklıgöl dan ikan gurame di kolam ini dianggap suci.

Situs keramat ini dibangun pada tahun 1211. Masjid ini kemudian diubah menjadi madrasah, kuburan, dan makam peringatan untuk Nabi Ibrahim. Masjid ini awalnya dibangun pada abad ke-13 selama periode dinasti Ayyubiyah di daerah tersebut, di mana Gereja Bunda Maria dibangun pada tahun 504 M oleh Kekaisaran Bizantium.

 

Baca juga:

Bar di Inggris Berusia 170 Tahun Ini Akan Berubah Fungsi Jadi Masjid

 

Sebuah prasasti yang terletak di sisi barat menara batu yang berdekatan dengan sudut tenggara masjid menyatakan bahwa masjid itu dibangun pada 1211 atas perintah Al-Ashraf Muzaffar ad-Din Musa.

Ini terlihat seperti sekarang setelah restorasi yang dilakukan oleh Ottoman pada tahun 1810. Saat itu, Masjid telah menarik para pengunjung untuk datang dan percaya sebagai tempat suci. Seiring berjalannya waktu, Masjid bersejarah mulai mengalami erosi karena masalah infrastruktur, dan Direktorat Wakaf mulai melakukan pekerjaan pemugaran untuk perluasan masjid. (Mr/dailysabah)


Back to Top