Selesaikan Pelatihan, Ini Pilot Wanita Pertama di Yordania

gomuslim.co.id - Puteri Salma binti Abdullah II menjadi wanita Yordania pertama yang menyelesaikan pelatihan pilot. Pemberian lencana diberikan langsung oleh ayahnya, Raja Abdullah, Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Yordania-Arab pada upacara yang dihadiri oleh Ratu Rania Al-Abdullah dan Putra Mahkota Al-Hussein bin Abdullah II.

Dilansir dari The Rahnuma, Senin (9/3/20), Salma Nims, sekretaris jenderal Komisi Nasional Wanita Yordania, mengatakan bahwa di Yordania telah lama menempatkan wanita untuk bertugas di militer dan polisi.

 

Baca juga:

Maskapai Ini Rayakan Penerbangan Pertama Pilot Wanita Saudi

 

"Jordan dianggap sebagai salah satu dari tiga negara teratas yang aktif dalam upaya perdamaian sejak 2007. Kami memiliki dukungan internasional yang besar dan komitmen nasional - termasuk dengan NATO dan dengan Norwegia dan Kanada dan Australia - untuk meningkatkan jumlah perempuan di sektor ini," kata Nims.

Nims menjelaskan bahwa mendukung peran perempuan dalam militer tidak berarti bahwa Jordan secara otomatis mendukung tindakan militer. “Ini bukan tentang menjadi pro-perang. Ini tentang membangun perdamaian. Kami berpartisipasi dalam misi militer penjaga perdamaian PBB untuk melindungi perempuan dan anak-anak," ujarnya. 

 

Baca juga:

Perdana di Saudi, Akademi Penerbangan Ini Latih Pilot Wanita

 

Nims percaya bahwa wanita di militer, termasuk Putri Salma - yang lulus dari kursus singkat di Royal Military Academy Sandhurst di Inggris pada November 2018 - membantu memecah stereotip gender perempuan sebagai jenis kelamin yang lebih lemah.

Saudara laki-laki Puteri Salma, Putra Mahkota Hussein, seorang letnan pertama di Angkatan Bersenjata Yordania, diakun Instagram memberikan selamat kepada saudara perempuannya. "seperti biasa, brillian dan pekerja keras," tulisnya. "Selamat telah menerima lencana sayap dan ini buah dari kesuksesan dan prestasiu,” ujarnya. (Mr/The Rahnuma)


Back to Top