Penuhi Kebutuhan Masjid dan Umat, Kemenag Akan Tingkatkan Produksi Alquran Cetak

gomuslim.co.id – Kementerian Agama (Agama) akan meningkatkan produksi cetak Alquran. Hal tersebut guna untuk memenuhi kebutuhan masjid dan umat terhadap Alquran. 

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan, sampai 2019, kapasitas produksi Unit Pencetakan Alquran (UPQ) baru menjangkau satu juta eksemplar Alquran. Menurutnya, angkat itu masih kurang dibanding kebutuhan umat dan masjid. Maka dari itu ia menilai perlu dilakukan pengembangan.

"Pengembangannya ini masih akan terus kita tingkatkan. Karena ini baru hanya mampu mencetak satu juta eksemplar, sedangkan masjid dan umat membutuhkan lebih banyak lagi," kata Menag saat mengunjungi UPQ di Ciawi Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/02/2020) lalu.

 

Baca juga:

Kuwait Segera Bangun Percetakan Alquran Baru

 

UPQ sendiri merupakan satu-satunya percetakan kitab suci yang dimiliki Indonesia. Pada kesempatan itu pula, Menag menyaksikan langsung proses pencetakan Alquran mulai dari proses cetak, quality control akhir, bahkan sampai teknis pengiriman. Ia pun mengungkapkan rencana untuk perbaikan mesin di UPQ tersebut. "Nanti kita pikir ke depan apa yang bisa kita buat lebih baik terutama dalam perbaikan mesin dan kertas," tegasnya.

Ia pun mengapresiasi sistem kerja UPQ. Menurutnya, mekanisme kerjanya bersih dan tertib. Ia juga mengapresiasi para pegawai UPQ dan mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Kerjanya juga serius dan cermat. Sekali lagi, saya ucapkan terima kasih banyak atas kerja kerasnya," pungkasnya.(mga/Kemenag)

 

Baca juga:

Resmi Dibuka, Begini Kemeriahan Islamic Book Fair 2020


Back to Top