#KabarHaji

Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia Berangkat 6 Juli 2019

gomuslim.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) memajukan jadwal keberangkatan para jemaah haji 2019 ke Tanah Suci. Dari semula pada 7 Juli, maju menjadi 6 Juli 2019. Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan majunya jadwal keberangkatan membuat jemaah haji kloter awal harus masuk asrama pada 5 Juli 2019, dari jadwal semula 6 Juli.

"5 Juli seluruh jemaah haji sudah masuk ke asrama, ke embarkasi dan keesokan harinya Insya Allah mereka diberangkatkan ke Tanah Suci. Madinah secara berlangsung angsur kemudian yang lain menyusul," jelas Menag saat memberikan pembekalan kepada Media Center Haji 2019 di Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (25/06/2019).

Seiring majunya keberangkatan kloter pertama ini, Menag memastikan jika seluruh layanan jemaah haji di Tanah Suci sudah siap. Mulai dari akomodasi, transportasi maupun katering sudah dipersiapkan dengan matang. Hal yang masih dalam proses berkaitan dengan dokumen perjalanan para jemaah haji seperti paspor dan pengurusan visa.

"Jadi pengurusan paspor dan visa ini sedang berlangsung  sambil menunggu sebagian kecil jemaah haji kita yang melakukan pelunasan (pembayaran)," kata Menag.

 

Baca juga:

Ditjen Haji dan Umrah Indonesia Segera Proses 143 Ribu Paspor Jemaah

 

Pemerintah menyiapkan kuota cadangan sebesar 5 persen yang pada akhirnya tak melunasi pembayaran biaya hajinya di tahun ini.

Sedangkan, di Saudi, penerbangan pertama dijadwalkan tiba pada Kamis, 4 Juli 2019 membawa 301 warga Bangladesh ke Jeddah, Saudi Gazette.

Essam Fouad, Direktur Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA), mengatakan para peziarah akan terus tiba di Kerajaan melalui udara, darat, dan laut hingga 5 Agustus.

Fouad menambahkan semua layanan untuk jamaah umrah akan berhenti dalam 10 hari, karena jumlah total 7 juta telah melakukan haji minor sejak awal musim Umrah. Semua pengaturan tersedia untuk menerima jamaah haji, memproses paspor mereka dan mengelompokkan mereka untuk pergi ke Mekah atau Madinah. (fau/kemenag/saudigazette/dbs/foto: hajj)

 

Baca juga:

Penerbangan Jemaah Haji Pertama Tiba di Arab Saudi pada 4 Juli 2019


Back to Top