:
:
Muslim Lifestyle
Cara Memperkuat Sistem Imun Menurut dr. Zaidul Akbar

gomuslim.co.id - Pandemi COVID-19 yang menyerang seluruh dunia belum juga berakhir. Saat ini masyarakat dunia sedang berjuang melawan COVID-19, salah satu cara melawannya yakni dengan meningkatkan sistem imun tubuh.

Dilansir dari situs kesehatan halodoc, Imun tubuh yang kuat berperan penting untuk melawan infeksi virus. Sistem imun akan beraksi untuk membentuk antibodi yang akan melawan virus.

Jika sistem imun tubuh kuat, perlawanan terhadap virus membuat gelaja yang ditimbulkan menjadi ringan. Namun jika sistem imun lemah gejala yang dialami akan lebih berat.

Oleh sebab itu sangat penting untuk memperkuat sistem imun tubuh, hal ini juga disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar melalui saluran youtube resminya dr. Zaidul Akbar Official. "Jadi saat pandemi seperti sekarang ini yang perlu kita kerjakan adalah memperkuat sistem imun" pesan dr. Zaidul Akbar.

Kemudian dr. Zaidul Akbar menerangkan tentang pusat sistem imun dalam tubuh yang teletak pada pencernaan atau perut. "Pertanyaannya sistem imun kita itu dikuatkannya bagaimana ? Kita harus tau dulu dimana markasnya sistem imun tubuh itu" ucapnya. 

"Ternyata dalam sains, ilmuan-ilmuan menyebutkan bahwa markas sistem imun ada pada pencernaan atau perut kita. 80 sampai 90 persen sistem imun kita dibuat disana (pencernaan)" terangnya.

 

Baca Juga: 

Cegah Corona, Ini Tips Tingkatkan Imun Pakai Bahan Herbal

 

Agar sistem imun diproduksi dengan baik maka kita harus memberikan asupan yang baik untuk tubuh. Makanan yang masuk kedalam perut sangat penting untuk diperhatikan. "Maka beri mereka (pencernaan) makanan seperti Habatusauda, madu, qurma, rempah rimpang" terang dr. Zaidul Akbar.

Hal yang penting untuk kita sadari bahwa di dalam usus kita terdapat triliunan bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri-bakteri di usus disebut mikrobiota. Setidaknya ada 1000 spesies bakteri di usus yang memiliki materi genetik lebih dari 3 juta gen, atau 150 kali lebih banyak daripada gen manusia.

Menurut dr. Zaidul Akbar Bakteri tersebut adalah mahkluk yang perlu diberi makanan yang benar agar mereka berfungsi dengan baik. "Perut atau pencernaan atau usus kita itu ada mahkluk lain yang bersemayam dan hidup disana. Maka ketika mereka diberikan makanan, mereka akan power full luar biasa" terangnya.

Agar pencernaan menjadi optimal, maka diperlukan asupan prebiotik. Prebiotik adalah senyawa natural dalam makanan yang tidak dapat dicerna usus, berfungsi sebagai suplemen untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan."Prebiotik contohnya sayuran, buah-buahan, rempah, rimpang. Sebagian besar itu (yang disebutkan) adalah prebiotik" tuturnya.

Selain prebiotik, asupan penting yang diperlukan untuk pencernaan adalan probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam usus.

"Banyak jenis-jenis probiotik, kalau makanannya mungkin bapak ibu sudah tahu seperti tempe, tape. Pokoknya makanan-makanan yang sifatnya di fermentasikan menggunakan ragi. Kalau diluar negeri ada miso, ada kimci ada macam-macam" imbuhnya. 

Jika kita rutin dan konsisten mengkonsumsi makanan sehat bagi perncernaan kita, tubuh kita akan meningkatkan imunitasnya. Hal tersebut akan lebih bagus lagi jika kita menghindari makanan yang tidak baik untuk pencernaan dan tubuh kita.

 

Baca Juga: 

Ragam Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

 

Sahabat gomuslim, semoga tips yang dijelaskan oleh dr. Zaidul mengenai cara meningkatkan sistem imun tubuh ini bisa kita terapkan sebagai ikhtiar untuk melawan COVID-19. Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh, badanmu memiliki hak atas dirimu." (HR. Muslim), salah satu hak tubuh kita adalah diberikan makanan yang sehat. (wan/halodoc/Zaidul Akbar Official)

Responsive image
Other Article