Tips Menggunakan Media Sosial dengan Bijak

gomuslim.co.idSahabat gomuslim, saat ini hampir semua umat manusia disibukkan dengan gadget dan media sosial. Terlebih, sejak wabah pandemi COVID-19 menyerang tanah air, membuat hampir semua orang lebih produktif untuk menggunakan jaringan internet dan media sosial untuk berinteraksi, bekerja, belajar, bahkan berdakwah.

Penggunaan media sosial yang produktif membuat kita semakin larut dalam dunia maya. Dalam mengakses media sosial, pastinya kita tidak akan luput dari hal-hal positif dan negatif dunia maya.

Untuk itu, gomuslim memberikan tips agar kita senantiasa bijak dalam menggunakan media sosial di kehidupan sehari-hari agar kita terhindar dari mudharat yang bisa menjerumuskan kita dalam kubangan dosa.

Berikut tipsnya :

1. Berpikir Sebelum Mengunggah

Banyak kejadian fatal akibat dari unggahan atau komentar seseorang di media sosial. Tak jarang pula orang lain sampai melaporkannya ke pihak berwajib gara-gara kalimatnya yang menyinggung pihak-pihak tertentu. Jadi, kamu harus berhati-hati.

Jangan sampai kamu menghina semua pihak, memfitnah, mempermalukan orang lain di media sosial yang nantinya berujung masalah. Kamu bisa terjerat UU ITE (Undan-undang Informasi dan Transaksi Elektronik) kalau berkata-kata sembarangan.

Lebih parah, kalau kamu sampai merundung orang lain atas tindakannya yang kamu anggap salah. Banyak kasus bunuh diri oleh orang yang tidak tahan oleh perundungan yang ditujukan padanya, termasuk melalui media sosial. Sebelum memulai mengetik atau membuat konten, pikirkan dulu dampak dari semuanya agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain nantinya.

2. Jaga Emosi

Hindari menggunakan media sosial saat kamu sedang emosi atau marah. Ketika sedang marah, biasanya kita sudah tidak berpikir panjang lagi saat mengetik kata-kata. Tentu hal itu sangat berbahaya dan bisa membuatmu sangat menyesal akibat dampak buruk yang ditimbulkan. Jangan sampai deh, ya.

3. Silaturahmi

Memanfaatkan media sosial untuk menjalin silaturahmi dengan teman, keluarga besar yang jarang kamu temui karena kesibukan, tetangga, teman lama dan orang-orang yang pernah berinteraksi denganmu. Teknologi membantu menghubungkan kita dengan mereka yang tinggalnya jauh di sana.

Jadi, kalaupun kita tidak sempat saling mengunjungi, setidaknya melalui media sosial kita bisa berkomunikasi seperti menanyakan kabar dan sebagainya.

4. Jaga Etika

Bersosialisasi di dunia maya ataupun nyata tentu harus ada etika. Kita tidak bisa seenaknya berperilaku atau menulis kata-kata apalagi sampai menyinggung SARA (suku, agama, ras dan antargolongan). Setiap orang punya latar belakang budaya berbeda, hormati itu dan jangan pernah menghina ataupun merendahkan. Tentunya kamu pun tidak mau orang lain menghinamu, kan?

Jadi, ingatlah untuk selalu mengendalikan diri dalam berkomentar dan lebih baik membagikan hal-hal yang positif dan menginspirasi.

5. Jaga Privasi

Jangan mudah membagikan informasi yang bersifat pribadi di media sosial. Terutama kalau kamu memiliki banyak teman yang sebenarnya tidak semuanya kamu kenal. Jangan mencantumkan alamat rumah, jadwal keseharian, kartu identitas diri, atau nomor kontak pribadi.

Untuk lebih meningkatkan keamanan, lebih baik kunci akun media sosialmu sehingga segala postingan hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang berteman denganmu saja.

Nah, itu dia tips bijak dalam menggunakan media sosial. Semoga bermanfaat. (mga)


Back to Top