Kamu Harus Tahu, Ini 8 Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar

gomuslim.co.id– Sahabat gomuslim, sebagaimana manusia, kita tidak akan pernah luput dari kesalahan dan dosa, baik itu yang besar maupun yang sangat ringan.

Meski demikian, Allah SWT tidak akan pernah bosan untuk menerima taubat hambanya bagi mereka yang bertaubat dan tidak mengulangi kesalahan ataupun dosanya kembali.

Allah ta’ala berfirman, “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An Nur: 31)

Selain itu, Allah subhanahu wata’ala juga berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai (QS. At Tahrim: 8)

Nah, untuk mengurangi dosa-dosa dan menambah pahala kita (Insya Allah), berikut 8 amalan ringan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala besar.

1. Mengajak Kepada Kebaikan

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang mengajak kepada kebaikan maka dari mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan barang siapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat, maka dia mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun,” (HR. Muslim)

2. Berdzikir di Masjid Setelah Subuh

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang salat subuh berjamaah, kemudian tetap duduk di masjid sampai terbit matahari, kemudian salat dua rakaat maka dia mendapat pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna,” (HR. At Tirmidzi dan dinilai hasan oleh Al Albani)

3. Menjadi Muazin 

Berdasarkan sabda Nabi Muhammad SAW, “Tukang azan itu akan diampuni (dosanya) sepanjang suaranya (terdengar), dan dibenarkan oleh orang yang mendengarkannya baik basah maupun kering dan juga baginya pahala orang yang salat bersamanya,” (HR. Ahmad dan an-Nasai)

4. Puasa 3 Hari Setiap Bulan

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa puasa tiga hari dari setiap bulan, maka itulah (pahalanya seperti) puasa setahun.”

Kemudian Allah SWT menurunkan firman-Nya sebagaimana pembenaran dalam kitab-Nya yang artinya, “Barang siapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya.” (QS. Al-An’am : 160)

5. Membaca Alquran

Dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran, maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatgandakan menjadi 10 kali,” (HR. At Tarmidzi, At Thabrani dan dinilai sahih oleh Al Albani)

6. Salat Dhuha Dua Rakaat

Dari Abu Dzar, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Setiap ruas tulang kalian wajib disedekahi, setiap tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah, dan semua kewajiban sedekah itu bisa ditutupi dengan dua rakaat salat dhuha,” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

7. Melaksanakan Salat Sunnah di Rumah

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Keutaman salat seorang laki-laki dirumahnya dengan salat yang dilihat orang banyak seperti halnya keutamaan salat fardu atas salat sunnah,” (HR. Baihaqi dan dishahihkan oleh Albani)

Bukti lain dari penguatan sabda tersebut yakni sampaikan lagi oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya, “Sebaik-baik salat seseorang adalah di rumahnya kecuali salat wajib.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Rajin Beristighfar

Dari Ibn Abbas, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang rajin beristighfar maka Allah akan berikan jalan keluar setiap ada kesulitan, Allah berikan penyelesaian setiap mengalami masalah, dan Allah berikan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka,” (HR. Abu Dawud)

Sumber : Ebook Islami


Back to Top