Pengguna Media Sosial, Yuk Update Berita Islam di gomuslim

gomuslim.co.id - Dakwah adalah suatu proses mengajak, menyeru dan membimbing umat manusia untuk berbuat baik dan mengikuti petunjuk Allah dan Rasul-Nya. Usaha tersebut dilakukan dengan sengaja dan perencanaan matang baik dilakukan individu atau organisasi dengan sasaran umat perorangan atau sekelompok orang (masyarakat) agar mereka mengetahui, mengimani dan mengamalkan ajaran Islam dalam semua aspek kehidupan.

Seiring perkembangan zaman, kemajuan teknologi sangat tergantung pada dan di tangan siapa teknologi itu digunakan. Ketika berada di tangan orang yang baik maka baiklah manfaatnya. Sebaliknya, ketika teknologi berada di tangan orang jahat, maka jahatlah dampak yang dihasilkannya.

Penggunanya sangat menentukan ke arah mana ia digunakan. Baik atau buruk sepenuhnya tergantung di tangan penggunanya. Maka dari itu, juru dakwah dituntut piawai menggunakan dan memanfaatkan hasil kemajuan teknologi informasi.

Facebook, Twitter, YouTube, hingga Instagram adalah beberapa jenis dari media sosial yang diminati oleh banyak khalayak.

Media sosial tersebut tidak hanya digunakan untuk mendistribusikan informasi yang bisa dikreasikan oleh pemilik akun (users) itu sendiri, tetapi juga memiliki dasar sebagai portal untuk membuat jaringan pertemanan secara virtual dan medium untuk berbagi data, seperti audio atau video.

Awalnya media sosial hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi untuk terhubung dengan teman, rekan kerja dan keluarga. Namun pada perkembangannya, media sosial tidak hanya sebatas itu saja. Media sosial kini banyak digunakan sebagai media untuk menyebarluaskan atau memberikan berbagai informasi, mulai dari informasi politik, bisnis, pendidikan, kuliner, kesehatan, budaya, hiburan, promosi produk hingga kegiatan agama.

Begitu banyaknya informasi yang bisa dibagikan melalui media sosial, diharapkan pengguna media sosial bisa semakin bijak dalam menggunakannya untuk hal yang positif, bermanfaat serta tidak menyampaikan suatu berita kebohongan.

Alquran mengajarkan pada kita untuk senantiasa berkata benar, seperti yang tercantum dalam Q.S. al-Ahzab ayat 70: Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar".

Selain itu, Rasulullah bersabda:

Dan barangsiapa merintis dalam Islam perbuatan yang buruk maka baginya dosa dari perbuatannya tersebut, dan dosa dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya tanpa berkurang dari dosadosa mereka sedikitpun”. (HR. Muslim.).

Ayat dan hadits diatas mengajarkan kepada kita untuk menjaga sikap dalam berbicara dan bersikap agar senantiasa diatas dasar ilmu. Hadits diatas juga sekaligus memberikan peringatan; bahwa semua ucapan, tingkah laku, dan perbuatan kita, semuanya akan diminta pertanggung jawaban.

Instagram merupakan suatu jejaring sosial online yang dapat digunakan oleh penggunanya untuk mengambil gambar, menerapkan filter digital untuk mereka, dan berbagi hasilnya melalui berbagai layanan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan situs media lainnya.

Instagram menjadi multifungsi, sehingga Instagram sering digunakan untuk melakukan interaksi antar satu sama lainnya, baik dibidang bisnis maupun bidang dakwah. Banyak akun-akun yang menggunakan Instagram yang meng-posting foto visualnya dengan caption yang bermanfaat untuk media berdakwah, diantarannya: @gomuslim.

Akun Instagram @gomuslim digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada masyarakat, sehingga dengan adanya akun tersebut dapat tersampaikan pesan-pesan dakwah dengan cepat.

Pencarian informasi tentang keagamaan terutama agama Islam melalui Instagram mempunyai keuntungan dan kekurangan. Salah satu keuntungannya adalah mendapatkan informasi dengan cepat dan tanpa membutuhkan biaya yang mahal.

Namun kekurangannya adalah munculnya berbagai faham dan tafsiran dalam penerapan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menyebabkan mahasiswa tersebut salah dalam memahami ajaran Islam sesungguhnya jika dia belum mempunyai pondasi yang kuat.

Hal tersebut dikarenakan Instagram merupakan tempat untuk perang pemikiran antara berbagai kelompok dan organisasi yang berbeda, selain itu interpretasi mereka dalam menafsirkan ajaran Islam pun berbeda.

Kesadaran keagamaan adalah bagian atau segi yang hadir (terasa) dalam pikiran dan dapat dilihat gejalanya melalui introspeksi. Di samping itu dapat dikatakan bahwa kesadaran beragama adalah aspek mental atau aktivitas agama; sedangkan pengalaman agama adalah unsur perasaan dan kesadaran beragama, yaitu perasaan yang membawa kepada keyakinan yang dihasilkan oleh tindakan (amaliah).

Kegiatan mahasiswa yang sering mengakses akun dakwah Islami di Instagram secara tidak langsung dapat mempengaruhi pola pikir dan ideologi mereka dalam beragama. Pola pikir dan ideologi tersebut dapat termanifestasikan dalam kesadaran keagamaan dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan Instagram @gomuslim terdapat dari berbagai kalangan, seperti mahasiswa dan masyarakat umum. Sebagian follower Instagram @gomuslim menganggap berita-berita yang disalurkan melalui akun tersebut menjadi suatu hal yang bermanfaat dan menjadi sebagai bahan renungan untuk mengintrospeksikan dirinya.

Di samping itu, akun Instagram tersebut termasuk salah satu akun yang digemari oleh kalangan mahasiswa karena kalimat-kalimat yang dishare terlihat bagus untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Setiap postingan pada akun Instagram @gomuslim selalu mengandung pesan-pesan dakwah. Namun bukan berarti akan dapat merubah perilaku manusia dengan bagitu cepat. Yuk download aplikasi gomuslim di Appstore dan nikmati berita Islam update terkini. (hmz)

 


Back to Top