Mau Ikut Pengajian Online? Ini Rekomendasi Channel Dakwah Islam di YouTube

gomuslim.co.id - Di masa pandemi virus corona sekarang ini, terjadi perubahan yang cukup signifikan dalam kehidupan masyarakat. Perubahan yang mengandalkan teknologi baik berupa media sosial maupun media online lainnya yang berbasis virtual.

Ya, dakwah ataupun pengajian secara otomatis juga ikut terpengaruh yang biasanya dilakukan tatap muka sekarang berubah melalui media social atau media online.

Era baru pengajian dimasa pandemi ini dianggap cukup efektif dan efesien guna menyikap kebijakan physical distancing (menjaga jarak fisik antar manusia) ataupun social distancing (menjauhi kerumunan orang).

Pengajian online ini bisa melalui Facebook, Instagram ataupun YouTube yang menyediakan video konferensi atau live streaming.

Beberapa pengajian online bisa diikuti oleh semua kalangan tanpa syarat. Namun, ada juga beberapa pengajian online yang memang sifatnya khusus hanya untuk kelompok tertentu dan tidak terbuka untuk umum.

 

Baca juga:

Manfaat Kajian, Seminar dan Belajar Online di Masa Pandemi

 

Sebut saja, YouTube menjadi platform digital paling efektif untuk pengajian online. Selain mudah diakses, konten video YouTube lebih variatif .

Jika sahabat gomuslim ingin mengikuti pengajian online. Berikut ini beberapa daftar channel resmi YouTube ustaz atau dai yang dapat sahabat gomuslim akses di YouTube:

1. Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad atau akrab disapa UAS memiliki channel resmi di YouTube bernama "Ustadz Abdul Somad Official".

2. Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat juga aktif mengunggah konten di YouTube melalui akun "Adi Hidayat Official". 

3. Ustaz Khalid Basalamah

Ustaz Khalid Basalamah rutin mengadakan live streaming di channel YouTubenya “Khalid Basalamah Official”

4. Prof. Quraish Shihab

Prof Quraish Shihab aktif mengunggah video di Youtube melalui channel resminya "Quraish Shihab".

5. KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym )

Aa Gym memiliki channel YouTube resmi “Aagym Official”

6. Buya Yahya

Ustaz Buya Yahya memiliki kanal YouTube Al-Bahjah TV

7. Syariq Riza Basalamah

Kanal YouTube Syariq Riza Basalamah adalah “Syariq Riza Basalamah Offical”

Itulah beberapa channel resmi ustaz atau dai di YouTube. Nah, selanjutnya gomuslim akan merekomendasikan beberapa channel dakwah dan belajar islam yang cocok buat pengajian online.

  • gomuslim official

Channel YouTube “gomuslim official” berisi kajian islam, belajar islam, berita dunia islam dan kisah islam. Adapula puisi-puisi islami yang inspiratif.

  • Yufid TV

Kanal ini banyak membahas pertanyaan seputar Islam yang disampaikan oleh berbagai ustad, seperti Ustad Abdullah Zaen dan Ustad Zaid Susanto.

  • Ammar TV

Channel Youtube Ammar TV lebih banyak mengunggah konten murottal atau membaca Alquran yang fokus pada dua hal, ketepatan bacaan dan nada-nada (lagu).

  • Tafaqquh Video

Channel Tafaqquh Video merupakan official channel dari Tafaqquh Study Club, lembaga dakwah keilmuan di Pekanbaru, Riau. Channel ini banyak memuat kajian di Masjid Raya An-Nur Pekanbaru.

  • Lampu Islam

Lampu Islam berisi video-video pendek yang sangat inspiratif dari berbagai ustadz kondang tanah air hingga ulama dan tokoh dunia, dengan berbagai jenis tema.

  • Kajian Musawarah

Kajian Musawarah adalah kelompok kajian yang diisi oleh artis-artis hijrah seperti Tengku Wisnu, Arie Untung, Primus Yustisio dkk. Channel ini berisi kajian-kajian yang mereka adakan bersama ustadz-ustadz yang populer di bidangnya.

 

Baca juga:

Tiga Cara Merayakan Kemerdekaan Secara Islami


Back to Top