Tiga Cara Merayakan Kemerdekaan Secara Islami

gomuslim.co.id – Dirgahayu Indonesia ke-75 tahun. Barakallah. Syukur Alhamdulillah bangsa Indonesia sudah memasuki usia yang 75 tahun sejak merdeka pada tahun 1945 lalu.

Nah, sahabat gomuslim, di tengah wabah pandemi COVID-19 yang menyerang bangsa Indonesia sejak Maret lalu membuat banyak aktivitas harus terbatasi. Tahun ini, untuk bisa merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia saja, kita harus rela untuk tidak merayakannya dengan aktivitas perlombaan yang sudah menjadi tradisi untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) negara.

Untuk itu, gomuslim punya tiga cara yang bisa dijadikan alternatif dalam merayakan kemerdekaan Indonesia di tengah pandemi secara islami. Berikut ulasananya :

1. Memasang Bendera Merah Putih

Salah satu cara untuk merayakan kemerdekaan bangsa Indonesia ditengah pandemi seperti saat ini adalah cukup dengan memasang bendera Merah Putih di depan rumah atau di halaman rumah.

2. Mentadabur Kemerdekaan Republik Indonesia

Cara lain untuk merayakan kemerdekaan tanah air yakni dengan mentadabur kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan mentadabur kemerdekaan bangsa, diharapkan individu juga semakin bersyukur dan mencintai bangsa Indonesia.

Selain itu, tumbuh rasa nasionalis terhadap negara yang akan menimbulkan dampak selalu menghargai perkembangan negara dan kritis terhadap kemajuan serta potensi negara Indonesia.

3. Bersama-sama mendoakan bangsa dan negara Indonesia

Cara yang paling afdhol untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia adalah dengan cara mendoakan bangsa dan negara dari segala macam ancaman dan bahaya serta musibah.

Meski Indonesia saat ini sudah terbilang merdeka secara kebangsaan, tapi perjuangan untuk terus merdeka, baik dalam segi sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan budaya tetap harus diperjuangkan. Dan berdoa kepada Allah SWT untuk kemajuan bangsa dan negara termasuk dalam salah satu kewajiban setiap umat yang berada dalam suatu kenegaraan.(mga)


Back to Top