Cara Pemuda Muslim Isi HUT Kemerdekaan RI

gomuslim.co.id – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-75 Tahun, banyak cara yang bisa mengisi kemerdekaan. Tapi tahun ini, perayaan HUT RI sangat berbeda karena adanya wabah pandemi COVID-19.

Kegiatan seperti lomba-lomba untuk memeriahkan HUT RI pun sepertinya ditiadakan. Bahkan, upacara Bendera Merah Putih harus dilakukan secara terbatas dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Nah, bagi generasi millenial muslim, masih ada sejumlah cara untuk bisa mengisi kemerdekaan di tengah pandemi. Berikut referensi cara mengisi kemerdekaan ala gomuslim :

1. Mendoakan Keamanan dan Keselamatan Negara

Sebegai millenial yang tinggal di Indonesia, kita harus banyak bersyukur bisa berada di tanah air yang tentram dan damai. Pasalnya, di luar sana, banyak negara yang harus berhadapan dengan peperangan, konflik kenegaraan, bahkan bencana kelaparan.

Di dalam Alquran Surat Ibrahim ayat 35 terdapat doa agar negara kita senantiasa diberikan keselamatan, baik dari konflik atau perang, maupun bencana.

رَبِّ اجْعَلْ هَـذَا الْبَلَدَ آمِناً وَاجْنُبْنِي وَبَنِيَّ أَن نَّعْبُدَ الأَصْنَامَ

Ya Tuhanku, semoga Engkau menjadikan negeri ini, negeri yang aman, dan semoga Engkau pun berkenan menjauhkanku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.” (QS. Ibrahim: 35)

2. Membantu sesama, khususnya mereka yang terdampak COVID

Wabah pandemi COVID-19 yang menyerang tanah air sejak Maret lalu telah memberikan dampak yang sangat signifikan bagi rakyat Indonesia. Dalam segi ekonomi, hampir seluruh rakyat terkena imbasnya. 

Meski pemerintah Indonesia telah mengucurkan dana dan bantuan sosial untuk masyarakat, tapi tetap saja, kebutuhan rakyat masih belum tercukupi jika hanya mengandalkan bantuan dari Pemerintah.

Untuk itu, sebagai generasi millenial yang kreatif dan menguasai teknologi serta media sosial, banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan bantuan terhadap sesama, khususnya mereka yang terdampak COVID-19. 

Misalnya dengan mengumpulkan zakat atau sedekah, memberikan paket sembako, menyumbangkan buku bacaan ataupun hal-hal yang bermanfaat lainnya. Hal itu bisa menjadi cara untuk mengisi kemerdekaaan dengan turut memerdekakan masyarakat dari kesusahan.

3. Menjadi Konsumen Produk Lokal

Salah satu cara untuk mengisi kemerdekaan RI yakni dengan menjadi konsumen produk lokal. Selain untuk membantu UMKM atau produsen lokal agar bisa lebih berkembang, membeli produl lokal bisa dinilai sama dengan memerdekaan para kreator untuk terus berkarya dan menciptakan barang-barang asli negara.

4. Diskusi tentang Sejarah Kemerdekaan

Meski ditengah wabah pandemi, kegiatan diskusi tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan terbilang aman dan dibolehkan. Nah, diskusi tentang kenegaraan atau sejarah kemerdekaan bisa menjadi salah satu kegiatan dalam mengisi kemerdekaaan.

Dengan diskusi atau sharing tentang kemerdekaan Indonesia, akan semakin menumbuhkan rasa syukur terhadap diri akan kemerdekaan bangsa. Diskusi juga akan semakin menambah pengetahuan tentang sejarah dan proses atau perjalanan para pahlawan negara dalam memerdekaan bangsa Indonesia.


Back to Top