Biar Tetap Sehat Selama Puasa, Ini Tips Memilih Menu Sahur Terbaik

gomuslim.co.id – Selama puasa, sahur adalah makanan yang akan menopang tubuh kita sepanjang hari agar kita tidak menjadi kelaparan. Memilih makanan ketika sahur sangat penting untuk membantu kita agar tetap fokus, berenergi, tetap ceria dan tetap terhidrasi.

Ketika makan sahur, kita bisa mengisi tubuh dengan asupan vitamin dan mineral. Hal ini yang sangat dibutuhkan oleh tubuh agar tetap aktif hingga waktu berbuka puasa tiba.

Makan sahur yang baik akan mencegah kita dari rasa mual, sakit kepala, gemetar, atau mengalami tekanan gula darah rendah lantaran kekurangan nutrisi. Terlebih, jika kita termasuk orang yang aktif dalam menjalani aktivitas bekerja selama menjalankan ibadah puasa. Sangat dianjurkan untuk selektif dalam memilih menu makanan sahur agar tubuh benar-benar terpenuhi dengan nutrisi.

Nah, berikut tips atau rekomendasi pilihan makanan ketika sahur agar tubuh kita tetap fit dan sehat sepanjang hari:

1. Buah-buahan

Buah-buahan akan memberikan kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti antioksidan, vitamin, mineral, dan air. Sejumlah buah-buahan yang memiliki kandungan tersebut bisa didapati dari buah semangka, melon, atau jeruk.

2. Biji-bijian

Makanan yang berasal dari kelompok biji-bijian akan membantu tubuh terpenuhi nutrisinya. Seperti gandum yang bisa menambah asupan serat dan mencegah sembelit. Contohnya oat, roti gandum, sereal, quinoa, roti jagung dan kue beras gandum.

3. Susu

Susu atau makanan yang mengandung susu dinilai akan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ketika berpuasa. Susu akan menyediakan kalsium, kalium, dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh. Hal ini sangat penting lantaran tubuh membutuhkan setidaknya tiga porsi yang tidak disediakan oleh jam buka puasa. Rekomendasi olahan susu yang bisa dijadikan pelengkap makan sahur adalah susu murni, yogurt, yogurt Yunani, labneh, dan keju.

Nah, itu dia beberapa tips untuk makan sahur agar nutrisi dalam tubuh kita bisa terpenuhi dan siap aktif menjalankan ibadah puasa dengan stamina dan tenaga penuh.

Sebagai catatan, jauhi makanan penutup dan makanan manis karena akan membuat kita cepat merasa lapar sepanjang hari. Selain itu, jauhi juga makanan yang sangat asin seperti acar dan kacang asin karena akan membuat kita merasa haus sepanjang hari. 

Perbanyak minum air putih agar kebutuhan cairan dalam tubuh kita tetap terpenuhi dan terhindar dari dehidrasi. (mga/ArabNews)


Back to Top