Agar Tetap Dapat Pahala, Ini Lima Tips Bagi Muslimah yang Haid di Bulan Ramadan

gomuslim.co.id – Bulan suci Ramadan merupakan kesempatan emas bagi seluruh umat muslim untuk mendulang pahala dan menghapus dosa. Allah SWT akan melipatgandakan ganjaran pahala bagi hamba-Nya atas segala amal perbuatan dan ibadahnya selama bulan Ramadan.

Tapi, bagi kaum muslimah, mungkin tidak akan bisa sepenuhnya menjalankan ibadah selama bulan Ramadan karena salah satu kodrat istimewa yang diberikan Allah SWT, yakni haid atau datang bulan.

Tapi jangan khawatir, gomuslim punya beberapa tips yang bisa sahabat amalkan ketika sedang haid pada bulan Ramadan agar tetap bisa mendapatkan pahala dari Allah SWT. Berikut ulasannya:

1. Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Meskipun haid memaksa muslimah untuk tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan, tapi bisa tetap mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa loh. Caranya, dengan menyiapkan atau memberi makan orang yang berpuasa. Jadi, ketika sahabat sedang haid, tetap masak atau sediakan makanan untuk berbuka puasa untuk keluarga, orangtua, ataupun para musafir, dhuafa, yatim piatu, dan fakir yang ada di lingkungan sekitar.

2. Mengikuti Kajian Online

Meski saat ini pemerintah sudah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mencegah penularan wabah pandemi COVID-19, tapi hal itu tidak menghalangi kita untuk tetap bisa mengikuti kajian. Yups, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk menemukan situs kalian online guna menambah ilmu agama dan pastinya menambah pahala kita.

3. Sedekah

Bersedekah pada bulan Ramadan, insya Allah akan membuka pintu rezeki kita lebih luas lagi berkat kebaikan dan keberkahan yang diberikan Allah SWT. Untuk itu, jangan berat untuk mengeluarkan sedekah ya sahabat. Insya Allah itu bisa menjadi tabungan akhirat kita kelak.

4. Mendengarkan Murattal Alquran

Meski kaum muslimah di makruhkan untuk menyentuh dan membaca Alquran ketika tengah haid, tapi kalian bisa tetap mendapatkan pahala seperti orang yang membaca Alquran dengan cara mendengarkan murottal.

5. Membaca Buku

Meski tidak boleh membaca Alquran, alternatif bagi kaum muslimah yang tengah haid di bulan suci Ramadan ialah membaca buku, termasuk buku-buku Islami. Selain bisa menambah wawasan ilmu agama, membaca buku juga memberikan manfaat lebih. Bahkan, wahyu Alquran pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW adalah perintah membaca sebagaimana dalam QS 96. Al-Alaq ayat 1.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa diamalkan oleh kaum muslimah ketika tengah haid di bulan suci Ramadan. (mga)


Back to Top