Cegah Corona, Ini Tips Tingkatkan Imun Pakai Bahan Herbal

gomuslim.co.id – Saat ini, Tanah Air sedang dikhawatirkan dengan mewabahnya virus Corona. Puluhan bahkan sampai seratus lebih warga Indonesia sudah dinyatakan positif terjangkit COVID-19.

Imbasnya, seluruh kegiatan dan aktivitas yang berhubungan langsung dengan publik harus dihentikan. Mulai dari aktivitas sekolah, bekerja, bahkan ibadah pun harus dibatasi untuk sementara waktu akibat virus yang berawal dari Wuhan, China itu.

Segala upaya telah dilakukan guna mencegah penyebaran virus yang menyerang bagian pernafasan manusia tersebut. Mulai dari desinfektan, mencuci tangan, dan berhenti berjabat tangan.

Awal bulan lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga mempromosikan obat herbal sebagai bagian pencegahan terhadap virus Corona. "Di Indonesia banyak sekali obat herbal, karena konon katanya virus COVID-19 ini akan mati dengan sendirinya pada saat suhu badan manusia mencapai 27 -28 derajat celsius. Nah, oleh karena itu, obat yang bisa mempertahankan tubuh kita hangat adalah memakan jahe, kunyit dan lain sebagainya," kata Wakil Ketua MUI Pusat Muhyiddin Junaidi.

Masyarakat, kata Muhyiddin, juga tak perlu sulit mencari obat herbal. Selain berlimpah, obat jenis ini telah menjadi bagian kearifan lokal Indonesia. "Jadi menggunakan lokal wisdom," ujarnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, gomuslim akan memberikan tips bagaimana meningkatkan imun tubuh agar bisa melindungi dan menangkal virus masuk ke dalam tubuh dengan bahan-bahan herbal nan alami. Karena dalam sebuah pepatah dikatakan bahwa 'Mencegah lebih baik dari pada mengobati'. Berikut penjelasannya:

1. Siapkan satu buah lemon segar

Buah lemon bisa berfungsi sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh. Hal itu karena buah lemon secara aktif mampu mengurangi racun dari dalam tubuh dengan cara mengeluarkannya bersama dengan sisa metabolisme. Karenanya, mengonsumsi buah lemon sangat dianjurkan agar dapat memelihara dan menjaga kesehatan tubuh dengan adanya fungsi detoksifikasi pada kandungan buah tersebut. Selain itu, kandungan buah lemon juga bisa membantu meredakan batuk, pilek, dan asma.

2. Siapkan jahe sebanyak 5-6 ruas

Seperti diketahui, struktur kimia jahe mengandung senyawa seperti oleoresin, geranial, neral, b-fellandren, sineol, borneol, bisabolen, zingiberene, gingerol, shogaol, diterpenes, lypids, protein, pati dan vitamin. Jahe dinilai memiliki efek anti inflamasi, antimikroba, anti kanker, anti diabetes, anti lipidemik dan antiemetik. Selama lebih dari 2.500 tahun, rimpang jahe (Zingiber officinale) telah digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, serta nyeri sendi dan otot (Alparslan and Ozkarman, 2012). 

Sedangkan jahe sendiri memiliki beberapa manfaat yang bisa berpengaruh terhadap sistem kardiovaskular yaitu membantu untuk mengurangi tekanan darah dan beban kerja jantung, memberikan bantuan terhadap serangan sakit kepala, mengurangi mual dan muntah, antiinflamasi, menghambat pertumbuhan bakteri,menekan pertumbuhan

3. Madu 200 gram

Berbagai mineral yang ada didalam madu yaitu: Vitamin A; Beta Caroten; Vitamin B Kompleks; Vitamin C, Phospor, Zat besi, Kalsium, Klorida Kalium, Yodium, Natrium, Tembaga dan Mangan. Selain kandungan tersebut, madu juga mengandung enzim-enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme di dalam tubuh. Protein, asam organik, hormon dan senyawa antimikroba berkhasiat sebagai antibiotika.

Cara membuat :

- Gosok kulit lemon dengan baking soda atau garam himalayan (himsalt) kemudian cuci dengan air mengalir.

- Iris tipis lemon yang sudah dicuci tadi. Iris tipis pula jahe yang sudah disiapkan

- Letakkan selang seling didalam sebuah toples atau jar antara lemon dan jahe. Jika sudah terisi penuh, tambahkan madu murni

- Tutup rapat toples atau jas yang telah berisi penuh lemon, jahe dan madu. Simpan didalam kulkas dan diamkan selama semalam.

Nah, jika sudah disimpan selama satu malam, ramuan tadi bisa dilarutkan kedalam segelas air hangat sebanyak 2-3 sendok makan bersama dengan irisan lemon dan jahenya. Diminum selagi hangat ya. Insya Allah akan membantu meningkatkan imun dalam tubuh karna berfungsi sebagai imun booster alami.(mga)


Back to Top