Yayasan Sedekah Air, Beri Akses Air Bersih Hingga ke Pelosok Negeri

gomuslim.co.id - Sedekah Air merupakan wadah penggiat sedekah air yang dimulai tahun 2013 yang bertujuan untuk menyediakan air kepada seluruh rakyat Indonesia yang memiliki permasalahan air bersih.

Pada awal berdiri, sedekah air melakukan pemasangan dan pembuatan sumur bor pada beberapa fasilitas publik seperti sekolah, dan tempat-tempat ibadah. Dalam perkembangannya, bentuk program penggiat sedekah air menjadi berbagai bentuk seperti filter air, distribusi air bersih, dan bentuk konservasi air bersih.

Hingga saat ini Sedekah Air berhasil menghimpun dana tidak kurang dari 900 juta rupiah dari berbagai latar belakang donator dan menyalurkannya ke lebih dari 70 titik dengan penerima manfaat mencapai 40 ribu orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Visi

Menjadi lembaga non-profit pelopor penyedia sarana air bersih dengan semangat amanah dan profesionalisme kepada seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki permasalahan air bersih.

Misi

  • Menjadi mitra kerja donator dalam mendistribusikan sarana air bersih secara professional
  • Menyediakan infrastruktur dan pengadaan air bersih secara proaktif dengan fokus pada kualitas
  • Menumbuh kembangkan kegiatan konservasi lingkungan
  • Ikut serta dalam dialog kebijakan public yang mendukung peningkatan akses air bersih untuk seluruh masyarakat

Pengurus Sedekah Air

 

Program-Program Sedekah Air

1. Pengeboran Sumur

Pembuatan sumur bor dilakukan setelah diindikasikan adanya air tanah yang cukup untuk diekstraksi. Untuk mengetahui adanya air tanah, dilakukan test geolistrik terlebih dahulu. Hal ini untuk mitigasi risiko gagalnya proses pengeboran.

2. Pipanisasi Air

Pipanisasi mengalirkan air dari sumber air bersih ke pemukiman warga. Selama ini rerata jaraknya berkisar 2,5 km. Pipanisasi dilakukan jika tidak memungkinkan melakukan pengeboran atau ada sumber air yang banyak namun jauh dari pemukiman warga.

3. Filterisasi / WTP

Filterisasi atau pembangunan WTP dilakukan jika sumber air yang ada di sekitar warga tidak layak dikonsumsi karena kotor, bersumber dari air kali atau air sawah. Dengan lterisasi ini Total Dissolve Solid (TDS) pada air menjadi rendah dan menjadi layak konsumsi.

4. Dropping / Pemberian Air

Dalam kondisi yang sifatnya tanggap bencana, perlu mendapatkan air bersih/minum dengan segera. Pemberian air minum melalui truk tanki dan air mineral dilakukan pada daerah-daerah bencana seperti kekeringan, kebakaran, atau banjir.

5. Konservasi Air

Saat ini selain pada upaya pengadaan air, kami juga melakukan langkah-langkah pelestarian lingkungan yang pada tahap lanjut berdampak pada ketersediaan sumber air. Langkah-langkah tersebut diantaranya adalah penghematan air wudhu dan mandi di fasilitas umum. Kami mengembangkan alat yang mampu menghemat 95% penggunaan air untuk wudhu/mandi. Selain itu kami juga akan menggalakkan pembuatan sumur biopori, penghijauan pada lokasi-lokasi sedekah air ke depan.

6. Policy Brief

Kami juga berupaya ikut serta dalam advokasi dan pengayaan proses pembuatan kebijakan publik dengan membuat dokumen kebijakan ringkas (policy brief). Dokumen ini berisi berbagai alternatif kebijakan khusus yang argumentatif rasional atas kebijakan saat ini terkait dengan upaya peningkatan akses air bersih di Indonesia.

Kriteria Penerima Manfaat Sedekah Air

Masyarakat Indonesia dapat mengusulkan program sedekah air untuk satu komunitas masyarakat atau fasilitas umum seperti masjid atau pondok pesantren yang membutuhkan akses air bersih. Bila program usulan sesuai dengan karateristik, tim sedekahair.org akan survey ke lokasi.

Ini kriteria penerima manfaat Sedekah Air

  • Penerima manfaat lebih dari 50 jiwa
  • Belum memiliki sumber air bersih
  • Jarak ke sumber air terdekat lebih dari 500 meter
  • Untuk mendapatkan air bersih membutuhkan waktu lebih dari 30 menit
  • Komitmen warga lokasi penerima sedekah air untuk menjaga infrastruktur yang dibangun

Tim survey sedekah air tidak pernah meminta imbalan uang atau apapun selama proses pengadaan air bersih. Jika ada yang menghubungi mengatasnamakan sedekah air dan meminta imbalan uang atau apapun, maka itu dipastikan bukan dari sedekah air.

Informasi lebih lanjut:

Yayasan Sedekah Air

Alamat: Jl. Gama Setia Raya. Blok A7 No 8 BaktiJaya, Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat

Website: https://sedekahair.org

Telp/Wa: 088-212-008-008

Email: komunitassedekahair@gmail.com


Back to Top