#LembagaFilantropiIslam

Nurul Hayat, Lembaga Filantropi yang Komitmen Teguhkan Kemandirian Ummat 

gomuslim.co.id – Kehadiran lembaga zakat dan filantropi di Indonesia begitu penting bagi masyarakat. Banyak dari masyarakat khususnya yang kurang mampu dapat terbantu dengan beragam program terintegrasi yang disajikan. Salah satunya adalah Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nurul Hayat.

Yayasan Nurul Hayat merupakan lembaga Amil Zakat yang menerapkan lembaga milik ummat yang mandiri. Maksudnya adalah lembaga milik ummat artinya lembaga yang dipercaya oleh ummat karena mengedepankan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana-dana amanah ummat.

Sedangkan lembaga yang mandiri artinya hak Amil (Gaji Karyawan) tidak mengambil dari dana zakat dan sedekah ummat, melainkan Amil di ajak berusaha memenuhi gajinya sendiri secara mandiri dari hasil usaha yayasan.

Unit usaha yang dimiliki oleh Yayasan Nurul Hayar diantaranya Aqiqah Nurul Hayat dibawah naungan PT. Nur Hamdalah Prima Boga (BH Prima Boga), NH Tour and Travel dibawah naungan PT. Nur Hamdalah Prima Wisata (NH Prima Wisata), NH Property dibawah naungan PT. Nur Hamdalah Prima CIpta (NH Prima Cipta), Percetakan dan Industri dibawah naungan CV Nusa Hikmah, dan Koperasi Pilar Mandiri.

Nurul Hayat selalu berusaha melakukan perbaikan dan peningkatan prestasi dalam bekerja dengan memegang teguh empat komitmen yaitu mandiri, amanah, profesional, dan memberdayakan.

Mandiri

Gaji karyawan Nurul Hayat dipenuhi dari hasil unit usaha. Sehingga amanah zakat dan sedekah menjadi makin optimal untuk program sosial dan dakwah lainnya.

Amanah

Nurul Hayat teraudit akuntan publik dengan nilai Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Profesional

Nurul Hayat telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015 dan konsisten menerapkan budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin).

Memberdayakan

Lebih dari 100.000 orang menerima program kemanfaatan Nurul Hayat. Karena kemanfaatan itu pula Nurul Hayat menerima berbagai apresiasi seperti Pro Poor Awards, Penghargaan Lembaga Peduli Anak dari Kementerian PP dan PA, Panti Asuhan terbaik dan lain-lain.

Yayasan Nurul Hayat memiliki Visi, Misi dan Motto yang berisi:

Visi

Mengabdi pada Allah dengan membangun Ummat.

Misi

Menebar kemanfaatan dan pemberdayaan di bidang Dakwah, Sosial, Kesehatan, Pendidikan dan Ekonomi.

Motto : Sejuk Untuk Semua

Nurul Hayat Sejuk Untuk Semua adalah sebuah tekad agar dimanapun Nurul Hayat berada harus selalu menghadirkan kesejukan bagi sekitarnya. Sejuk Untuk Semua juga penegasan bahwa NH secara organisasi tidak berafiliasi dengan suatu paham atau golongan tertentu sehingga diharapkan Nurul Hayat dapat diterima dan memberi kemanfaatan untuk golongan manapun dan dimanapun.

SEJUK UNTUK SEMUA adalah misi qurani untuk menjadi Rahmatan lil 'Alamiin. Yaitu berdakwah Islam menggunakan hikmah dan perkataan yang baik (mau'idzah hasanah), serta tolong menolong dalam kebaikan.

Secara legalitas, Yayasan Nurul Hidayat esmi berdiri pada tahun 2001 dengan nama YAYASAN NURUL HAYAT SURABAYA dan beralamat di Perum IKIP Gunung Anyar B-48 Surabaya. Nurul Hayat bergerak di bidang sosial, dakwah, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi sesuai dengan : Akta Notarsi Ariyani S.H. Notaris Surabaya nomor : 9-IX-2001. Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI tanggal 03 Oktober 2007 Nomor: C-3242. HT. 01.02.TH 2007.

Selain itu, Surat Keterangan Tedaftar Bakesbangpol Jawa Timur Nomor: 84/VIII/LSM/2009. Surat BAZNAS nomor 4 tahun 2015 tentang Rekomendasi Yayasan Nurul Hayat menjadi Lembaga Amil Zakat berskala Nasional.

Yayasan Nurul Hayat merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional berdasarkan SK Meteri Agama RI no 422 tahun 2015, Surat Keputusan Menteri Agama RI nomor 224 tahun 2015 tentang Pemberian izin Yayasan Nurul Hayat sebagai Lembaga Amil Zakat Berskala Nasional. Surat terdaftar nomor 002 tahun 2016 Badan Wakaf Indonesia (BWI).

Yayasan Nurul Hayat berkantor pusat di Perum IKIP Gunung Anyar B-48 Surabaya. Telp. 031.8783344, Fax. 031.8782074. Email : humas.nurulhayat@gmail.com. Selain itu, salah satu perwakilan kantor Yayasan Nurul Hayar di antaranya:

Nurul Hayat Malang di jalan S.Supriadi No.7A Sukun Kota Malang. Dengan kontak center , Telp. 0341.9046060,359090, 085104546060.

Nurul Hayat Yogyakarta di jalan Veteran no.160 Umbulharjo, DI Yogyakarta Telp. (0274) 377444/ 081223735000 (WA)

Nurul Hayat Jakarta di Jalan Margonda Raya No 1 Depok dengan kontak center, Telp. 021.77207021, 085100557587

Nurul Hayat Bandung di Jalan  Ahmad Yani nomor 1005, Cicaheum, Bandung.
(100 meter dr Terminal Cicaheum) Telp. 022 . 7271686 / 087823536000

Dan lebih lengkapnya dapat dilihat melalui www.nurulhayat.org.

Dari begitu besarnya Yayasan Nurul Hayat, terdapat actor sebagai pendirinya, diantaranya:

Dewan Pengawas Syariah

Ketua      : KH. Aburrahman Navis, Lc.

Anggota :

1. Moh. Ali Aziz, H., M.Ag., Dr., Prof. 

2. KH. Ahmad Nawawi

Organ Yayasan

Ketua        : Drs. H. Muhammad Molik

Sekertaris  : Bambang Hermanto, ST

Sekretaris  : H. Johny Rusdiyanto, MM

Bendahara : Achsan Rois BA

Manajemen Pelaksana

Direktur Eksekutif   : H. Bambang Heriyanto SE.

Direktur Program  :  Kholaf Hibadullah S.H.i

Direktur Penghimpunan   : Rifai Hatalla, SE.

Direktur Usaha   : Malik Mulyono

Direktur Operasional  : Ratna Diana, SE.

Direktur Keuangan  : Suheni Ningsih, SE.

Direktur KBIH : Muhammad Azhar SPdI

Direktur Markom : Ramadhan Yunianto, S.H.

Direktur Media dan Creative : Danang Priyanto S.PK

Saat ini, Yayasan Nurul Hayat memiliki program berjalan seperti program Pendidikan NH. Program tersebut mengcover: Pesantren Tahfidz Alquran, Beasiswa SD Khairunnas, Beasiswa SMP Khairunnas, Kampus Entrepeneurshio Penghafal Alquran (KEPQ), Sahabat Yatim Cemerlang (SAYANG), Sahabat Mudah Berprestasi  (genpres), Pesantren Mahasiswa, Beasiswa Sekolah Dai, Beasiswa Kuliah, dan Sekolah Anak Sholeh.

Untuk di bidang Kesehatan, Goal Program : Mendekatkan akses layanan kesehatan, membantu melewati masa sulit agar tidak masuk garis kemiskinan. Program Kesehatan NH seperti: Praktek Medis Sosial (Praktis), Khitan Massal, Santunan Kesehatan dan Pengobatan (Sahabat).

Bidang Sosial Kemanusiaan, Goal Program : Pemenuhan dharurah yang sedang dihadapi mustahik. Program Sosial Kemanusiaan NH mencangkup: Ambulance dan Layanan Jenazah Terpadu, Bantuan Fakir Miskin, Bencana Kemanusiaan, Bingkisan Ramadhan, Dana Sosial, Gharim, Insentife Bulanan Guru Alquran (IBUQU), Qurban Salur, Aksi Tanggap Bencana (Sigap), Sumber Air Untuk Warga Desa (Surga Desa), Tanda CInta Penghafal Quran (Tafaqur), dan Warung Berkah.

Sementara di Bidang Dakwah, Program : Penguatan iman di masyarakat. Dengan program Dakwah: Aqiqoh Dakwah Desa, Dakwah Center, majelis Taklim Abang Becak (Matabaca), program Ramadhan, Sahabat Masjid, Sahabat Mualaf, dan Bunda Yatim.

Dan di Bidang Pemberdayaan Ekonomi, Goal Program: Berdaya Secara Ekonomi dan Kuat Spiritual. Jenis program diantaranya: Desa Binaan, Pesantren Pertanian, dan Pilar Mandiri.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui jelas bagaimana program yang sedang dijalankan, dapat dilihat melalui akun media sosial Nurul Hayat di Instagram @nurulhayatku, Facebook Yayasan Nurul Hayat, Youtube Nurul Hayat Channel, dan Web di www.nurulhayat.org. (hmz)


Back to Top