#LembagaFilantropiIslam

LAZ U-Care Indonesia Berantas Kemiskinan Lewat Program Lima Cinta

gomuslim.co.id - Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. Lebih dari itu, masyarakat Indonesia juga dikenal karena sikap ramah dan kedermawanannya. Hal ini terbukti dengan menjamurnya lembaga filantropi yang menjadi wadah bagi para dermawan untuk membantu sesama manusia, khususnya masyarakat pra sejahtera.  

Lembaga filantropi ini tersebar di berbagai kota dan daerah. Di Kota Bekasi, Jawa Barat misalnya ada sebuah lembaga kemanusiaan bernama Ukhuwah Care (U-Care) Indonesia. 

U-Care Indonesia merupakan Lembaga Amil Zakat tingkat Kota Bekasi yang bergerak dalam bidang pengumpulan, pengelolaan dan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh, termasuk dana CSR kepada masyarakat di kota Bekasi sesuai ashnaf dan syariat yang telah ditetapkan.

Tujuan lembaga ini adalah untuk bersama-sama dengan pemerintah mengatasi dan menanggulangi kemiskinan dan peningkatan taraf hidup masyarakat di Kota Bekasi. U-Care Indonesia berdiri pada 3 Oktober 2017 dengan akta notaris No. 01 pada tanggal 03 Oktober 2017.

Program Pemberdayaan LAZ U-Care Indonesia berorientasi pada peningkatan kapasitas penerima manfaat yang bersifat continue dan berkesinambungan. ‘Menjalin Kemitraan dan Bersinergi dengan Berbagai Elemen Masyarakat dalam Kebajikan” menjadikan LAZ U-Care Indonesia secara aktif menjadi penghubung antara pendonor dan penerima manfaat. 

Dengan optimalisasi di wilayah Kota Bekasi menjadikan LAZ U-Care Indonesia fokus dalam pemerataan peningkatan kemakmuran di Kota Bekasi, khususnya bagi mereka masyarakat yang kurang mampu.

U-Care Indonesia telah mendapatkan izin dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat secara resmi memberikan izin operasional kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Ukhuwah Care Indonesia kota Bekasi melalui surat keputusan kepala kantor Wilayah Kemenag Jabar Nomor 1312 tahun 2018.

Kementerian agama Provinsi Jabar dalam SK tersebut menyatakan bahwa Yayasan Ukhuwah Care Indonesia telah layak membentuk LAZ (U-Care).

Dalam kegiatan U-Care Indonesia telah menerima piagam penghargaan yang diberikan oleh BAZNAS kepada LAZ UCare Indonesia karena telah menjadi Lembaga Amil Zakat (LAZ) terbaik tingkat kota/kabupaten. LAZ UCare Indonesia masuk ke nominasi 3 besar kategori LAZ Provinsi, kabupaten/kota dalam pertumbuhan pengumpulan ZIS terbaik

Hasil audit laporan keuangan 2018 dengan predikat WTP.

Berikut program Laz U-Care Indonesia:

Cinta Berdaya

Berbagai upaya dilakukan bersama penerima manfaat agar mereka memiliki akses terhadap dana, sarana produksi, dan memasarkan produk yang mereka produksi sendiri. Yayasan UCare Indonesia meluncurkan program-program Pemberdayaan Masyarakat yang diberi tajuk Cinta Berdaya dengan harapan kaum Mustahik dapat memiliki visi ke depan untuk dapat memaksimalkan potensi yang mereka miliki dan terlepas dari ketergantungan dan ketidakberdayaan.

Cinta Yatim

Program santunan dan pemberdayaan yatim yang dikelola secara terpadu untuk membantu penerima manfaat dapat tetap bersekolah dan berpendidikan layak. Diharapkan pula, penerima manfaat dapat meraih cita-citanya sehingga dapat menopang kehidupannya secara mandiri kelak.

Cinta Sehat

Salah satu upaya dalam memenuhi hajat hidup masyarakat adalah kesehatan. UCare Indonesia dengan tajuk Cinta Sehat, berbagi kepedulian terhadap sesama dengan memperhatikan aspek kesehatan dari setiap Dhuafa. Kami menggulirkan beberapa program kesehatan yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh kaum Dhuafa. Program-program ini diadakan seraya meringankan biaya kesehatan.

Cinta Ilmu

Cinta Ilmu adalah kumpulan program UCare Indonesia yang terfokus pada dunia pendidikan. Program-program Cinta Ilmu didedikasikan untuk kaum Dhuafa, Yatim Piatu, maupun anak-anak berprestasi yang kurang mampu. Program ini pun selaras dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia terkait meningkatkan kecerdasan bangsa.

Cinta Insani

Program UCare Indonesia – Cinta Insani Kepedulian terhadap lingkungan sekitar adalah salah satu bentuk kepedulian sosial yang dapat diwujudkan oleh siapa saja. UCare Indonesia mengajak masyarakat muslim pada umumnya dan para muzakki untuk berbagi kepada sesama. Dengan melakukan aksi sosial yang ditujukan kepada Mustahiq, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan meringankan bebannya.

MISI:

1. Melakukan pengelolaan zakat dan dana sosial lainnya secara fokus, profesional dan akuntabel.

2. Mendayagunakan zakat dan dana sosial lainnya secara tepat dan berdaya guna.

3. Menjalin kemitraan dan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat dalam kebijakan.

4. Memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang Pendidikan, Kesehatan, sosial, dan ekonomi.

VISI:

Menjadi lembaga pengelola zakat terbaik di Jawa Barat.

Laznas U-Care Indonesia didirikan oleh tiga aktifis kemanusiaan Kota Bekasi yaitu Ust. H. Achmad Ridwan, SE., MM., Ust. H. Asep Didi Kurnia, SE., Muhammad Anwar, SH.

Laz U-Care berlokasi di Jalan Rajawali Raya No.73 Perumnas 1 Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan 17144, Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.

Masyarakat yang ingin berdonasi, membayar zakat dan menyalurkan infaqnya dapat di:

Bank Syariah Mandiri  7100 3000 14

BNI Syariah               068 5664 701

Bank Mandiri             167 000 2434 085

Bank Muamalat          3050 7000 73

Dengan mengkonfirmasi Donasi melalui SMS / WA / Scan Barcode di nomer telepon 0813-9555-5868

Kontak resmi LAZ UCare Indonesia :

Telp. (021) 8896 0316

Hotline. 0813 9555 5868

Media sosial LAZ UCare Indonesia :

Instagram : @lazucare

FB : Laz U-care ID

Twitter : LAZ Ucare

Telegram : https://t.me/UCareIndonesia

Website : https://www.ucareindonesia.org

Email : sapakami@ucareindonesia.or

(hmz)


Back to Top