Kuatkan Sesama Anak Bangsa, Rumah Produktif Indonesia Jadi Wadah Kolaborasi di Tengah Pandemi

gomuslim.co.id - Rumah Produktif Indonesia (RPI) adalah perkumpulan sosial berazaskan Pancasila dan UUD 1945 yang didirikan sebagai wadah belajar dan kolaborasi produktif berbasis peminatan dan keunggulan kompetitif untuk melahirkan Manusia Indonesia Produktif dan berjuang untuk kejayaan bangsa Indonesia di awal abad ke-21.

Perkumpulan RPI berdiri di awal pandemi COVID-19 masuk ke Indonesia, 18 Maret 2020. Berdasarkan pada kesadaran bahwa dalam kondisi pandemi sangatlah penting untuk beraktivitas di rumah secara produktif, maka pada 18 Maret 2020, Yanuardi Syukur menginisiasi grup Whatsapp “Produktif di Rumah” dengan tujuan untuk saling-menguatkan sesama anak bangsa di masa pandemi dengan diskusi, berbagi cerita, dan kegiatan produktif lainnya.

Kemudian, bergabung Hidayat Doe yang mengajak Ismawan Amir dan selanjutnya Muflihuddin Idris. Grup tersebut yang berubah menjadi “Rumah Produktif” disempurnakan menjadi “Rumah Produktif Indonesia” yang sampai sekarang digunakan sebagai nama perkumpulan.

RPI saat ini telah menjadi berbadan hukum berkedudukan di Kota Depok sesuai salinan Akta Nomor 01 Tanggal 1 September 2020 yang dibuat oleh Notaris Ny. Trusti Hendrawati, SH dan disahkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0007832.AH.01.07.TAHUN 2020. 

Pendirikan Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia juga telah diterbitkan dalam bentuk Berita Negara No. 077 Tambahan Berita Negara RI No. 000385 Tanggal Terbit 25 September 2020.

Baca Juga:

Tebar Kebaikan Lewat Nasbung, ‘Komunitas Berbagi Nasi Kota Bekasi’ Ajak Pemuda Peduli Sesama

Visi dan Misi

Visi RPI adalah “Menjadi wadah belajar dan kolaborasi produktif berbasis peminatan dan keunggulan kompetitif untuk melahirkan Manusia Indonesia Produktif dan kejayaan bangsa Indonesia.”

Adapun misi RPI adalah:

1. Menciptakan Manusia Indonesia Produktif yang humanis, kompetitif, berprestasi, inspiratif, dan bahagia.

2. Menyelenggarakan berbagai kolaborasi pelatihan dan pembinaan yang dapat meningkatkan kapasitas para anggota dalam ilmu pengetahuan dan berbagai keterampilan praktis aplikatif yang bermakna bagi produktivitas tiap anggota.

3. Sebagai wadah diplomasi budaya Manusia Indonesia Produktif untuk menciptakan kehidupan global yang produktif, damai, aman, dan sejahtera.

Motto

Belajar, Berkawan, Bergembira.

Kolaborasi Kegiatan

Perkumpulan RPI menjalin kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintah, swasta, dan gerakan sosial untuk berbagai kegiatan positif yang dapat meningkatkan kapasitas anggota masyarakat secara umum. Beberapa bentuk kegiatan yang pernah dilakukan di antaranya: diskusi online, seminar nasional dan internasional, ceramah, konsultasi, penulisan buku, Instagram Live, silaturahmi, dan lain sebagainya.

Menjelang tahun kedua, RPI di tingkat DPP dan DPW telah bekerjasama dengan berbagai lembaga seperti media dan juga pihak lainnya.

Pembicara kegiatan RPI terdiri dari berbagai kepakaran, mulai dari pejabat pemerintah, dosen, guru, dokter, pengusaha, penulis, tokoh agama, jurnalis, motivator, psikolog, konselor, dan lain sebagainya. Pesertanya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari diplomat, dosen, guru, aktivis, dan lain sebagainya.

Jaringan kerja RPI mencakup dalam dan luar negeri. Menjelang tahun kedua, Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia telah memiliki jejaring kolaborasi dalam bentuk Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) di 34 provinsi, dan 12 di luar negeri. (Wan/RPI/Foto: Suara Jelata)

Baca Juga: 

Komunitas Xbank Indonesia Ajak Masyarakat Sadar Haramnya Riba


Back to Top